Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Berserta Tujuannya

Kompas.com - 31/05/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teks laporan hasil observasi sering disingkat teks LHO. Berfungsi memberi informasi mengenai suatu obyek atau situasi tertentu setelah melakukan observasi.

Jenis teks ini sering juga disebut teks klasifikasi. Karena berisi klasifikasi tentang jenis obyek tertentu sesuai kriterianya, sehingga hasil observasi bersifat lebih spesifik.

Struktur teks laporan hasil observasi (LHO)

Dikutip dari buku Elemen-elemen Multimedia untuk Pembelajaran (2020) karangan Janner Simarmata dkk, teks laporan hasil observasi berisi pengamatan secara cermat dan sistematis mengenai sesuatu.

Tuliskan struktur teks laporan hasil observasi

Struktur teks laporan hasil observasi adalah definisi umum atau pernyataan umum, deskripsi bagian, serta deskripsi manfaat.

Berikut pemaparannya:

Definisi umum

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), definisi umum merupakan bagian yang memuat kelompok atau kelas, keterangan umum, serta berbagai informasi tambahan dari subyek yang diobservasi.

Definisi umum sering juga disebut pernyataan umum yang memuat berbagai informasi umum. Contohnya informasi tentang nama latin hewan dan asal-usulnya.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Ciri kebahasaan yang digunakan dalam struktur teks laporan hasil observasi ini adalah istilah khusus dalam bidang tertentu. Sementara bagian definisi akan menggunakan kata "adalah" serta "merupakan".

Deskripsi bagian

Berisi pemaparan secara rinci mengenai beberapa bagian yang kemudian membentuk kesatuan hal yang dilaporkan.

Contohnya ciri-ciri, fisik, dan habitat dari hewan yang telah disebutkan sebelumnya dalam bagian definisi umum.

Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam struktur teks laporan hasil observasi ini ialah memakai istilah dalam bidang ilmu tertentu. Misalnya menggunakan kata simbiosis.

Deskripsi manfaat

Disebut juga bagian penutup.

Struktur teks laporan hasil observasi ini bisa berupa kesimpulan atau pemaparan penulis  mengenai kegunaan, kelebihan, serta manfaat dari obyek yang diobservasi.

Baca juga: Mengapa Teks Laporan Observasi disebut Teks Klasifikasi?

Sebagai catatan, pemaparan mengenai deskripsi manfaat ini harus disesuaikan dengan obyek. Contohnya yang diteliti berupa produk, berarti bisa dijelaskan kegunaan, kelebihan, serta manfaatnya.

Sementara jika yang diobservasi ialah hewan atau tumbuhan, bisa dipaparkan sifat khusus serta klasifikasi yang lebih mendalam.

Tujuan teks laporan hasil observasi (LHO)

Tujuan utama dari pembuatan teks laporan hasil observasi ialah memberi informasi atau kejelasan mengenai klaisifikasi suatu hal.

Selain itu, jenis teks ini juga sering ditujukan untuk memecahkan suatu persoalan dalam bentuk hipotesis hasil pengamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com