Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Indochina?

Kompas.com - 18/04/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Indochina merupakan istilah yang merujuk pada kawasan semenanjung yang berada di antara India dan China.

Negara-negara yang termasuk dalam Semenanjung Indochina adalah Kamboja, Laos, dan Vietnam. Ini merupakan pengertian sempit dari Indochina, yang mana ketiga negara tersebut merupakan bekas jajahan Prancis.

Sementara dalam pengertian luas, Indochina merupakan wilayah Asia Tenggara Daratan (Mainland Southeast Asia), mencakup kawasan Semenanjung Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

Kemunculan istilah Indochina

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, istilah Indochina mengacu pada pembauran pengaruh budaya India dan Cina di kawasan tersebut.

Hingga 1950, kawasan Indochina sering disebut French Indochina atau Indochine Francaise.

Dikutip dari situs Lumen Learning, istilah Indochina diperkirakan muncul pada awal abad ke-19. Istilah geografis ini diberikan pada suatu bagian benua dari wilayah yang sekarang dikenal Asia Tenggara.

Baca juga: Manfaat MEA bagi Indonesia dan Negara-negara ASEAN

Secara historis, Indochina berada dalam pengaruh budaya India serta Cina. Sementara secara fisik, kawasan ini terikat oleh India timur serta Cina selatan.

Kemudian istilah Indochina diadopsi sebagai nama koloni Indochina Prancis, yang terdiri dari Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Saat ini, seluruh wilayah Indochina disebut Semenanjung Indochina (Indochinese Peninsula) atau Asia Tenggara Daratan (Mainland Southeast Asia).

Penduduk di Indochina

Dalam situs Study, disebutkan bahwa ada berbagai kelompok etnis yang mendiami kawasan Indochina. Beberapa di antaranya ialah etnis Vietnam, Montagnard, Laos, Khmer, dan Cina.

Penduduk di kawasan ini mayoritas beragama Buddha, Theravada, Mahayana, Konfusianisme, Cao Dai, serta Katolik.

Dilansir dari situs Word Atlas, populasi gabungan negara di kawasan Indochina diperkirakan lebih dari 257 juta.

Baca juga: Letak ASEAN secara Astronomis dan Geografis

Mayoritas bahasa yang digunakan adalah keluarga bahasa Sino-Tibet, yang merupakan bahasa terbesar kedua di dunia dalam hal jumlah penutur asli.

Untuk kebudayaannya, sudah tentu kawasan ini sangat dipengaruhi oleh India dan Cina.

Contohnya, budaya Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Laos sangat dipengaruhi gagasan dan bahasa di India. Sementara Vietnam lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Cina.

Kehidupan ekonomi di Indochina

Perekonomian Indochina sangat bergantung pada produksi pertanian, khususnya Vietnam. Ekspor beras dan karet sangat penting bagi negara tersebut.

Kehidupan ekonomi di kawasan Indochina mulai bergerak ke arah industrialisasi. Beberapa jenis barang manufaktur yang diproduksi adalah elektronik, tekstil, hingga mobil.

Selain pertanian dan industri, ada pula sektor pariwisata. Sektor ini bahkan menjadi penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar bagi negara di kawasan Indochina.

Baca juga: Asia Selatan: Negara dan Ibukotanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com