Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Penggunaan AC Dapat Meningkatkan Pemanasan di Muka Bumi?

Kompas.com - 05/03/2022, 10:53 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – AC adalah alat pendingin ruangan yang banyak digunakan manusia. Mengapa penggunaan AC dapat meningkatkan pemanasan di muka bumi?

Hal tersebut dikarenakan AC menggunakan gas CFC (salah satu gas rumah kaca) yang dapat merusak lapisan ozon bumi. Kerusakan ozon akibat penggunaan AC dapat meningkatkan pemanasan global, berikut penjelasannya!

AC melepaskan gas CFC

AC menggunakan gas rumah kaca bernama Chlorofluorocarbon atau yang disingkat menjadi CFC. CFC atau yang kerap kita sebut sebagai Freon, merupakan gas hasil campuran atom klorin, fluor, dan juga karbon yang sangat stabil.

AC menggunakan CFC untuk mendinginkan udara dan kemudian melepaskannya ke atmosfer. Karena bentuknya yang stabil, CFC yang dilepaskan AC dapat naik ke lapisan stratosfer bumi tempat di mana lapisan ozon berada.

Baca juga: 6 Gas Rumah Kaca

Dilansir dari American Chemical Society, ozon berfungi menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet matahari dan mencegah radiasi berbahaya mencapai permukaan bumi. Sederhanya, lapisan ozon melindungi kehidupan di bumi dari radiasi matahari yang berbahaya.

CFC merusak ozon

Namun, gas CFC yang dapat naik ke stratosfer dapat merusak lapisan ozon. Di lapisan stratosfer yang tinggi, CFC bertemu dengan foton berenergi tinggi dari sinar matahari. Sehingga, gas pembentukanya dilepaskan.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, klorin (Cl) dalam CFC menghancurkan begitu banyak ozon (O3) karena bertindak sebagai katalis. Berikut adalah reaksi rusaknya ozon akibat klorin dalam CFC:

Cl + O3 → ClO + O2
ClO + O → Cl + O2
O3 + O → 2O2

Baca juga: Penyebab Lapisan Ozon Menipis

Rusaknya ozon meningkatkan suhu muka bumi

Dilansir dari National Geographic, satu atom klorin dapat menghancurkan lebih dari 100.000 molekul ozon. Melalui reaksi tersebut, klorin merusak lapisan ozon yang melindungi bumi.

Membuat ozon yang rusak tidak bisa menyerap radiasi sinar matahari. Akibatnya, radiasi yang harusnya diserap oleh ozon, jatuh ke bumi dan menaikkan suhu permukaan bumi.

Penghancuran ribuan ozon oleh satu atom klorin membuat laju kerusakan ozon tidak sebanding dengan pembentukan alaminya. Akibatnya, lapisan ozon bisa berlubang dan makin menipis karena meningkatnya kadar CFC di atmosfer.

Sederhanya, makin banyak penggunaan AC maka makin banyak CFC yang dilepaskan ke udara. Makin banyak CFC di udara, makin rusak lapisan ozon, dan makin meningkat pula pemanasan di muka bumi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com