Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Gatekeeper dalam Komunikasi Massa?

Kompas.com - 02/03/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comGatekeeper sangat dibutuhkan dalam media massa. Tanpa gatekeeper, segala jenis bentuk informasi, termasuk informasi bohong atau yang belum diyakini kebenarannya, akan tersebar luas dan dikonsumsi publik.

Keberadaan gatekeeper dalam komunikasi massa sama pentingnya dengan peralatan yang dibutuhkan media untuk memproduksi informasi.

Pengertian gatekeeper dalam komunikasi massa

Dilansir dari jurnal Peran Produser sebagai Gatekeeper dalam Program News Screen di IDX Channel (2018) oleh Tuty Mutiah, Bittner mendefinisikan gatekeeper sebagai individu atau sekelompok orang yang memantau arus informasi dalam saluran komunikasi massa.

Jika definisinya diperluas, gatekeeper merupakan orang yang sangat berperan penting dalam media massa, seperti koran, majalah, televisi, radio, dan internet.

Menurut Khomsahrial Romli dalam buku Komunikasi Massa (2016), gatekeeper adalah penjaga gerbang, di mana orang atau kelompok yang berperan sebagai gatekeeper bertugas menjaga arus informasi menuju khalayak. Supaya hanya informasi benar, baik, dan penting yang bisa disampaikan kepada khalayak.

Baca juga: Etika Komunikasi Massa: Pengertian dan Cakupan Bidangnya

Tanggung jawab gatekeeper dalam media massa

Pihak yang berperan sebagai gatekeeper bertanggung jawab atas segala informasi yang disampaikan media. Berarti informasi yang akan disebarluaskan harus melalui gatekeeper terlebih dahulu sebelum diubah menjadi pesan berita.

Dalam konteks media massa, biasanya gatekeeper merupakan pemimpin redaksi, editor, dan wartawan. Walau begitu, tiap perusahaan media memiliki kebijakannya masing-masing mengenai penentuan gatekeeper.

Dikutip dari Buku Ajar Komunikasi Politik (2020) karya Khoirul Muslimin, gatekeeper juga bertanggung jawab dalam memastikan bahwa informasi yang akan disampaikan adalah informasi yang berkualitas, diyakini kebenarannya, layak, dan memang penting untuk disampaikan kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com