Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Media Online

Kompas.com - 12/02/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Media online memberi kemudahan bagi manusia dalam mendapatkan informasi. Namun, di balik itu, media daring memiliki sejumlah kekurangan.

Dilansir dari buku Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (2020) karya Reiga Aditya Primayuda, dkk, media online atau daring merupakan jenis media yang muncul karena pesatnya perkembangan internet.

Media daring memiliki beberapa karakteristik yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

Kelebihan media online

Dikutip dari buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2020) oleh Asep Syamsul M. Romli, media online memiliki sejumlah karakteristik yang menjadi keunggulan atau kelebihannya, yakni:

Multimedia

Karena dapat memuat berita dalam bentuk teks, audio, video, grafis, dan gambar di saat yang bersamaan.

Aktualitas

Media daring memuat informasi aktual, karena mudah dan cepat dalam menyajikannya.

Cepat

Artinya berita yang diunggah di media daring bisa langsung diakses semua orang.

Update

Pembaruan (updating) berita bisa dilakukan dengan cepat, baik dari sisi konten maupun redaksional. Misalnya terjadi kesalahan ketikan atau ejaan, dan setelah itu media akan melakukan update untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Baca juga: Media Online: Pengertian dan Fungsinya

Kapasitas luas

Media online mampu menampung naskah berita yang sangat panjang.

Fleksibilitas

Artinya pemuatan serta penyuntingan naskah bisa kapan dan di mana saja. Begitu pula dengan penayangannya yang bisa dilakukan kapan saja.

Luas

Kelebihan media online adalah bisa menjangkau seluruh dunia, asalkan penggunanya terhubung dengan internet.

Interaktif

Adalah penyediaan fasilitas kolom komentar dan chat room, sehingga pengguna bisa memberi komentar terkait informasi yang disampaikan.

Terdokumentasi

Artinya informasi dalam media online tersimpan atau diarsipkan, dan dapat ditemukan melalui tautan, artikel terkait, maupun lewat fasilitas “cari” (search).

Hyperlinked

Media daring terhubung dengan sumber lain (link) yang berkaitan dengan informasi yang disampaikan.

Kekurangan media online

Selain memiliki beberapa karakteristik yang menjadikannya lebih unggul dibanding media konvensional (cetak dan elektronik), media online juga memiliki sejumlah karakteristik yang menjadi kekurangannya, yaitu:

Ketergantungan terhadap perangkat komputer dan internet

Media daring hanya bisa diakses dengan internet. Saat mengaksesnya, pengguna harus memiliki perangkat komputer yang terhubung dengan aliran listrik. Jika baterai perangkat habis atau tidak ada sinyal internet, pengguna tidak akan bisa membuka media online.

Baca juga: Karakteristik Media Online beserta Penjelasannya

Siapa saja bisa mengakses media online

Semua pengguna internet bisa memiliki dan menjalankan media online. Hal ini juga berlaku untuk pengguna yang tidak memiliki keterampilan menulis yang baik, namun hanya melakukan copy-paste dari informasi yang diunggah di situs lain.

Mata menjadi mudah lelah

Ketika membaca berita di media daring, mata pengguna akan menjadi cepat lelah.

Akurasi sering terabaikan

Kekurangan media online adalah terkadang akurasi diabaikan, karena hanya mengutamakan kecepatan penyampaian. Biasanya media daring tidak seakurat media cetak, khususnya dalam penulisan kata dan kalimatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com