Kompas.com - 10/02/2022, 19:32 WIB


KOMPAS.comMembeku adalah peristiwa perubahan wujud zat dari fasa cair ke fasa padat. Apa saja contoh peristiwa membeku? Berikut adalah peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa membeku!

Pembuatan es

Membuat es batu adalah contoh peristiwa paling sederhana yang menunjukkan terjadinya pembekuan. Air adalah zat yang memiliki wujud cair dalam suhu ruang.

Ketika dimasukkan ke dalam lemari es dan dibiarkan beberapa lama, air kemudian akan membeku dan membentuk es batu.

Pembentukan salju

Contoh peristiwa membeku dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah pembentukan salju. Dilansir dari Sciencing, ketika suhu atmosfer cukup dingin, tetesan air dalam awan akan membeku menjadi es dan kristal salju.

Biasanya, air dalam awan akan membentuk salju pada suhu di bawah 0 °C. Suhu atmosfer yang berbeda akan membentuk kristal salju dengan bentuk berbeda pula.

Baca juga: Contoh Peristiwa Mencair dalam Kehidupan Sehari-hari

Minyak goreng yang membeku

Contoh pembekuan dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah minyak goreng yang membeku. Pada suhu di bawah 24 °C, biasanya minyak goreng akan membeku. Namun, minyak akan kembali mencair jika diberikan sedikit panas.

Pembekuan darah

Ketika tubuh manusia dan hewan terluka, darah dalam bentuk cair akan keluar dari luka. Tubuh kemudian secara otomatis melakukan mekanisme pembekuan darah.

Dilansir dari Lumen Learning, pembekuan darah adalah proses pembentukan sumbat dari penggumpalan darah untuk menghentikan luka dan mengobarinya. Darah yang awalnya cair, digumpalkan sehingga menjadi padat dan dapat menutup luka pada tubuh.

 

Arena seluncur es

Arena seluncur es atau ice skating adalah contoh selanjutnya dari peristiwa membeku. Arena seluncur es dibuat dari air yang cair dan kemudian dibekukan menjadi es yang padat. Arena tersebut kemudian dijaga suhunya agar es tidak mencair.

Pembekuan lilin

Pembekuan lilin adalah contoh peristiwa membeku dalam kehidupan sehari-hari. Ketika dibakar sumbunya, lilin akan meleleh menjadi cair. Namun, setelah api dimatikan lilin akan kembali membeku.

Baca juga: Kenapa Pria Tidak Bisa Membedakan Warna Lipstik?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.