Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek: Pengertian dan Manfaat Merek

Kompas.com - 12/02/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comMerek menjadi pembeda antara produsen yang satu dan lainnya. Merek (brand) bisa berupa nama, merek dagang, logo, atau simbol lain.

Pada dasarnya, merek selalu melekat pada produk atau jasa. Tujuannya agar mudah dibedakan dari produk pesaing.

Pengertian merek

Dikutip langsung dari Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, berikut pengertian merek:

“Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.”

Dilansir dari jurnal Pentingnya Pendaftaran Merek Suatu Produk (2014) karya Lilis Mardiana Anugrahwati, menurut Philip Kotler, merek adalah tanda berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, atau kombinasi dari berbagai unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan serta jasa.

Baca juga: Tahap Proses Keputusan Pembelian Konsumen

Manfaat merek

Menurut Yossie Rossanty, dkk dalam buku Consumer Behaviour in Era Millenial (2018), manfaat merek bisa dibagi menjadi tiga, yakni bagi konsumen, masyarakat, serta penjual atau produsen.

Bagi konsumen

Bagi konsumen, merek bermanfaat untuk menceritakan mutu serta kualitas yang dimiliki produk atau jasa. Merek juga bermanfaat untuk memberi perhatian kepada konsumen mengenai produk baru yang mungkin dibutuhkan mereka.

Bagi masyarakat

Merek bermanfaat untuk meningkatkan mutu produk, menaikkan efisiensi pembeli, serta memunculkan inovasi baru di masyarakat.

Bagi penjual

Dalam praktiknya, merek memudahkan penjual untuk mengelola pesanan, memberi perlindungan hukum, memungkinkan menarik sekelompok pembeli, serta membantu penjual melakukan segmentasi pasar.

Selain itu, manfaat merek bagi penjual adalah membantu mereka mengidentifikasi produk tertentu yang menjadi pesaing utamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com