Kompas.com - 26/01/2022, 08:00 WIB

Oleh: Andri Saputra, Guru SMPN 12 Pekanbaru, Riau

 

KOMPAS.com - Teorema pythagoras pertama kali dikembangkan oleh seorang filsuf dan matematikawan Yunani yang bernama Pythagoras ( 582-496 Sebelum Masehi). Berdasarkan hitungan matematis menggunakan metode aljabar.

Teorema pythagoras adalah suatu aturan matematika yang dapat digunakan untuk menentukan panjang salah satu sisi dari sebuah segitiga siku-siku.

Perlu diingat bahwa teorema ini hanya berlaku untuk segitiga siku-siku dan tidak bisa digunakan untuk menentukan sisi dari sebuah segitiga lain yang tidak berbentuk siku-siku.

Konsep teorema pythagoras selain pada bidang matematika, pernah juga ditemukan dalam bidang musik dan bidang astronomi.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai kebenaran teorema pythagoras, menentukan jenis segitiga, menentukan hubungan perbandingan sisi-sisi segitiga khusus, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema pythagoras dan tripel pythagoras.

Baca juga: Menentukan Rumus Suku ke-n Barisan Geometri

Trapesium ABCD yang tersusun atas 2 buah segitiga siku-siku yang identik dengan panjang sisi a cm, b cm, dan c cm(c sebagai sisi miring), dan membuat sebuah segitiga siku-siku sama kaki dengan panjang sisi-sisi siku-siku c cm.

Dok. Andri Saputra Trapesium Pythagoras

Buktikan : a²+ b²= c²

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa susunan ketiga segitiga membentuk bangun trapesium dengan jumlah sisi sejajar (a+b) dan tinggi (a+b), sehingga kita dapat memperoleh luas trapesium sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.