Kompas.com - 25/01/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kelebihan promosi penjualan adalah bisa mengenalkan dan menawarkan produk secara langsung kepada konsumen. Sedangkan kekurangannya ialah biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar dibanding bentuk promosi lainnya.

Mengutip buku Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (2003) oleh Nugroho J. Setiadi, promosi penjualan adalah upaya pemasaran, baik menggunakan media atau tidak, yang ditujukan untuk merangsang percobaan dari konsumen, meningkatkan permintaan, atau memperbaiki kualitas produk.

Promosi penjualan dilakukan dalam jangka waktu pendek tergantung tujuan promosi. Dalam praktiknya, kegiatan promosi ini sering dibarengi dengan iming-iming atau insentif guna menarik perhatian konsumen.

Kelebihan promosi penjualan

Hasnidar, dkk dalam buku Pemasaran Terpadu (2021), menyebutkan bahwa salah satu kelebihan promosi penjualan adalah tenaga penjual bisa memperlihatkan produknya secara langsung kepada konsumen.

Menurut Kotler dan Amstrong, beberapa kelebihan promosi penjualan ialah bisa menarik perhatian konsumen, menawarkan dan memberi insentif kuat kepada konsumen agar mau membeli produknya, serta digunakan untuk mendramatisasi penawaran produk.

Dengan memiliki sejumlah kelebihan, promosi penjualan sering digunakan perusahaan karena dipandang cukup efektif dalam membujuk serta menarik konsumen agar membeli dan menggunakan produk.

Baca juga: Promosi Penjualan: Pengertian serta Perannya bagi Perusahaan

Kekurangan promosi penjualan

Walau dipandang efektif dan punya beberapa kelebihan, sebenarnya promosi penjualan juga memiliki kekurangan.

Dilansir dari Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran (2020) karya Tengku Firli Musfar, kekurangan promosi penjualan adalah membutuhkan biaya besar.

Biaya tersebut tidak hanya dialokasikan untuk mempekerjakan tenaga penjual, namun juga pengadaan insentif dalam bentuk kupon dan hadiah.

Kekurangan lain dari promosi penjualan ialah jangka waktunya tergolong pendek. Artinya efek positif yang dihasilkan dari kegiatan promosi penjualan pun hanya terjadi atau berlaku selama kegiatan itu berlangsung.

Jadi, keuntungan yang didapatkan perusahaan selama promosi penjualan hanya bersifat sementara atau dalam jangka waktu pendek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.