Kompas.com - 25/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Perbedaan komunikasi lintas budaya dan komunikasi antarbudaya terletak pada istilah, proses, serta fokus komunikasinya.

Dikutip dari buku Komunikasi Lintas Budaya (2021) karya Dyah Gandasari, dkk, menurut Samovar, Porter, dan McDaniel, komunikasi lintas budaya adalah proses komunikasi di antara anggota dari budaya berbeda. Komunikasi ini terjalin antarindividu dengan sistem simbol serta persepsi budaya yang cukup berbeda.

Sementara itu, melansir dari buku Komunikasi Antarbudaya: Panduan Komunikasi Efektif Antarmanusia Berbeda Budaya (2021) karya Ade Tuti Turistiati dan Pundra Rengga Andhita, komunikasi antarbudaya merupakan proses komunikasi di antara dua orang berbeda latar belakang budaya, lewat pertukaran pesan verbal maupun nonverbal, yang dapat menghasilkan efek tertentu.

Berdasarkan pengertian di atas, komunikasi lintas budaya punya definisi yang mirip dengan komunikasi antarbudaya. Karena proses komunikasinya terjalin di antara dua orang yang berbeda latar belakang budayanya.

Berikut beberapa perbedaan komunikasi lintas budaya dan komunikasi antarbudaya

Perbedaan istilah

Wina Puspita Sari dan Menati Fajar Rizki dalam buku Komunikasi Lintas Budaya (2021), menuliskan bahwa sebenarnya istilah lintas budaya lebih merujuk pada proses komunikasi yang bersifat komparatif. Contohnya, perbandingan gaya konflik dalam budaya X, Y, dan Z.

Sedangkan, istilah antarbudaya merujuk pada proses komunikasi antaranggota komunitas yang berbeda. Misalnya, negosiasi bisnis antara importir Belanda dengan eksportir Indonesia.

Baca juga: Komunikasi Lintas Budaya: Pengertian dan Tujuannya

Perbedaan proses komunikasi

Komunikasi antarbudaya terjadi saat faktor keanggotaan kelompok budaya memengaruhi proses komunikasi, baik sadar maupun tidak. Artinya individu yang terlibat dalam proses komunikasi tersebut bisa jadi tidak sadar terhadap perbedaan budaya.

Sementara, komunikasi lintas budaya merupakan proses pertukaran simbolik di mana individu dari dua atau lebih komunitas budaya berbeda menegosiasikan makna bersama dalam situasi interaktif.

Perbedaan fokus komunikasi

Dilihat dari fokus komunikasinya, komunikasi antarbudaya lebih menekankan pada proses komunikasi di antara individu dengan latar belakang atau pola hidup berbeda.

Menurut Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia dalam buku Langkah Membangkitkan Generasi Muda yang Berbudaya (2020), dari segi fokus komunikasi, komunikasi lintas budaya berfokus pada perbedaan fenomena komunikasi dalam budaya antarindividu.

Misalnya gaya komunikasi pria berbeda dengan wanita, yang mengakibatkan terjadinya persilangan penggunaan bahasa pada komunikasi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.