Kompas.com - 14/01/2022, 09:00 WIB
Ilustrasi membandingkan sel hewan dan tumbuhan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi membandingkan sel hewan dan tumbuhan

Oleh: Titien Suprihatien, Guru SMPN 11 Batanghari, Jambi

 

KOMPAS.com - Berdasarkan hierarki organisasi kehidupan, sel berada pada urutan struktur terendah yang mampu menjalankan semua fungsi kehidupan.

Hal ini karena sel memiliki kemampuan untuk melakukan regulasi sendiri, memproses energi, tumbuh dan berkembang, tanggap terhadap lingkungan, dan memiliki kemampuan untuk reproduksi.

Tubuh makhluk hidup tersusun atas sel-sel melalui penggabungan yang sistematis. Hal ini tentu saja membuat sel memiliki peranan yang sangat penting. 

Meski memiliki peranan yang sama, sel makhluk hidup memiliki perbedaan. Misalnya sel hewan dan tumbuhan, tahukah kamu apa saja perbedaannya?

Baca juga: 10 Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan 

Sel hewan  Sel tumbuhan
Ukuran sel hewan lebih kecil, sekitar 10 μm-30 μm Ukuran sel tumbuhan lebih besar, sekitar 10 μm-100 μm
Memiliki bentuk yang tidak tetap Memiliki dinding sel yang tetap
Tidak memiliki dinding sel  Memiliki membran sel dan dinding sel 
Tidak memiliki plastida Umumnya memiliki plastida
Mempunyai sentrosom Tidak mempunyai sentrosom 
Timbunan zat berupa glikogen dan lemak Timbunan zat berupa pati
Energi berasal dari proses respirasi pada mitokondria Energi berasal dari proses fotosintesis
Memiliki lisosom yang memiliki sejumlah enzim untuk mencerna makromolekul Memiliki vakuola yang memenuhi ruang dalam sel yang berfungsi untuk menyimpan nutrien dan di dalamnya terdapat sejumlah enzim yang memiliki berbagai fungsi
Memiliki sentriol yang berperan dalam proses pembelahan sel Memiliki dinding sel untuk melindungi dan menjaga kestabilan sel 

Sel berukuran sangat kecil, namun ternyata sel disusun oleh organel-organel yang lebih kecil. Pada sel tumbuhan terdapat organel meliputi mitokondria, vakuola, diktiosom, retikulum endoplasna halus, badan mikro, retikulum endoplasma kasar, ribosom, dan plastida.

Pada sel hewan terdiri dari lisosom, mitokondria, sentrosom, badan golgi, retikulum endoplasma halus, badan mikro, retikulum endoplasma kasar, dan ribosom.

Organel-organel kecil itu saling membutuhkan, dan tidak ada yang dapat menghidupkan sel tersebut selain pemberi kehidupan.

Baca juga: Apa Saja yang Tidak Dimiliki Sel Hewan namun Dimiliki Sel Tumbuhan?

Mengamati sel tumbuhan

Sel tidak dapat diamati dengan mata telanjang. Diperlukan alat bantu untuk mengamati bagian-bagian sel, yaitu dengan mikroskop. 

Berikut cara mengamati sel tumbuhan, yakni: 

Cara mengamati sel tumbuhan 

Untuk mengamati sel tumbuhan dibutuhkan beberapa alat dan sampel, di antaranya adalah:

  • Mikroskop
  • Preparat
  • Kaca penutup
  • Silet
  • Pinset
  • Cawan petri
  • Pipet tetes
  • Sedikit air
  • Sampel tanaman yang akan diamati seperti daun tanaman Rhoeo discolor.

Cara melakukan pengamatan 

Berikut cara melakukan pengamatan sel tumbuhan: 

  1. Langkah pertama adalah membuat sayatan melintang pada daun Rhoeo discolor dengan arah menuju ke sumbu tubuhnya. Sayatan harus dibuat setipis mungkin agar obyek bisa diamati dengan jelas dan detail.
  2. Sayatan tersebut harus diletakkan pada  preparat dengan hati-hati dan tetesi dengan sedikit air agar preparat tersebut menempel pada kaca sehingga mudah diamati. Kemudian preparat ditutup dengan kaca penutup dengan teliti agar tidak terbentuk gelembung udara. Jika terbentuk gelembung udara maka preparat susah untuk diamati karena akan terjadi pembiasan.
  3. Untuk mengamati preparat harus dimulai dengan perbesaran kecil terlebih dahulu setelah itu perbesaran bisa diganti lebih besar.
  4. Setelah obyek ditemukan dengan perbesaran yang cocok, maka pengamatan sudah bisa dilakukan, amati setiap bagian-bagian yang tampak.
  5. Agar hasil pengamatan bisa dilihat berulang, maka obyek tersebut bisa difoto menggunakan kamera smartphone.
  6. Perlu ketelitian untuk menggambar hasil pengamatan, maka diperlukan latihan agar menjadi terampil. 
  7. Untuk mengetahui ketepatan gambar hasil pengamatan, perlu dilakukan perbandingan dengan hasil cetak foto obyek yang sudah diambil menggunakan kamera smartphone.
  8. Jika gambarmu belum sesuai maka ulangi hingga kamu memiliki kompetensi yang baik dalam menggambarkan hasil obyek pengamatan tersebut.

Baca juga: Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan

Membandingkan sel tumbuhan dan hewan

Pada dasarnya cara mengamati sel hewan dan tumbuhan adalah sama, perbedaan terletak pada sampel yang digunakan.

Untuk membandingkan sel tumbuhan dan hewan bisa dilakukan dengan menggunakan sampel bawang merah dan sel epitel pipi manusia seperti tabel di bawah ini:

Sel bawang merah Sel epitel pipi manusia
Kupas bawang merah dan potong umbi lapisnya secara membujur menjadi dua belahan Cara mengambil sampel sel epitel pipi adalah dengan membuka mulut dan mengoleskan ujung batang korek api ke bagian dalam pipi. Kegiatan ini harus dilakukan hati-hati agar tidak melukai.
Angkat satu lapisan tipis kulit luar umbi lapis tersebut. Sel epitel pipi yang sudah menempel pada ujung korek api dipindahkan ke preparat yang sudah diberi setetes air.
Letakkan lapisan tipis itu di atas preparat dan beri setetes air. Setelah ditutup dengan kaca penutup kamu bisa mengamati bagian membran sel, dinding sel, sitoplasma, inti sel dan vakuola. Foto serta gambar hasil pengamatan tersebut.  Setelah ditutup dengan kaca penutup, kamu bisa mengamati sel epitel pipi tersebut. Perhatikan bagian membran sel sitoplasma dan inti sel. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.