Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan dan Peran Komunikasi Publik

Kompas.com - 28/12/2021, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Tujuan komunikasi publik yang paling utama adalah memberi informasi kepada khalayak luas, untuk hiburan, serta menjalin hubungan. Komunikasi publik berperan sebagai upaya untuk berinteraksi antara satu orang dengan lainnya.

Komunikasi publik adalah proses komunikasi yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan secara tatap muka ataupun lewat media, dari pengirim (sumber) kepada khalayak luas (penerima).

Tujuan komunikasi publik

Menurut Aras Solong dan Asri Yadi dalam buku Kajian Teori Organisasi dan Birokrasi dalam Pelayanan Publik (2021), komunikasi publik memiliki sejumlah tujuan, baik tujuan umum maupun tujuan khusus.

Secara umum, tujuan komunikasi publik ialah memberi informasi kepada sejumlah besar orang atau khalayak luas, menjalin hubungan, serta hiburan.

Sementara, tujuan khusus dari komunikasi publik bergantung pada isi pesan, tujuan komunikator, dan konteks acaranya.

Baca juga: Komunikasi Publik: Pengertian dan Cirinya

Sebagai contoh, komunikasi publik berupa rapat organisasi tentu punya tujuan yang berbeda dengan pidato atau ceramah.

Tujuan rapat organisasi sebagai komunikasi publik tentunya membahas permasalahan dalam organisasi. Sedangkan tujuan pidato atau ceramah ialah memberi informasi atau mempersuasi pendengarnya.

Peran komunikasi publik

Melansir dari buku Layanan dan Komunikasi Publik Menuju Good Governance (2021) karya Zulfiah Larisu, peran komunikasi publik bisa dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

Alat untuk mencapai tujuan

Artinya komunikasi publik berperan sebagai alat untuk mencapai tujuan komunikator. Contohnya dalam orasi atau pidato perusasif, komunikasi publik bertujuan memengaruhi, bahkan mengubah pandangan, pendapat, dan sikap pendengarnya.

Menginformasikan, mengabarkan, atau memotivasi perubahan perilaku

Komunikasi publik berperan untuk menginformasikan, mengabarkan, atau memotivasi perubahan perilaku pendengarnya agar sesuai dengan yang diharapkan komunikan atau pembicara.

Walau begitu, tidak semua komunikasi publik ditujukan untuk memotivasi perubahan perilaku. Karena ada yang berperan untuk menginformasikan atau mengabarkan suatu hal penting kepada pendengarnya.

Media untuk menjangkau khalayak yang lebih luas

Peran komunikasi publik ialah sebagai media untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Karena jenis komunikasi ini bisa dilakukan lewat media, seperti televisi, radio, media online, bahkan secara tatap muka. Sehingga jangkauannya lebih luas dibanding jenis komunikasi lainnya.

Baca juga: Komunikasi Massa: Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Biasanya digunakan untuk manfaat nonkomersial

Peran komunikasi publik, yakni dimanfaatkan dan digunakan untuk manfaat nonkomersial. Misalnya ceramah agama, ceramah pendidikan, rapat organisasi, dan sebagainya.

Untuk mendapat dukungan interpersonal

Peran komunikasi publik, yakni mendapat dukungan interpersonal. Artinya komunikator (sumber) akan melakukan komunikasi publik guna mencari serta mendapatkan dukungan interpersonal dari pendengar atau komunikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com