Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Soal Hukum 1 Newton

Kompas.com - 10/12/2021, 18:57 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Hukum 1 Newton adalah hukum yang mengemukakan Isaac Newton pada tahun 1687. Hukum pertama Newton adalah hukum inersia yang menyatakan bahwa benda akan tetap diam atau bergerak dalam keadaan konstan jika tidak dipengaruhi gaya luar.

Untuk lebih memahami tentang Hukum 1 Newton, berikut adalah contoh pembahasannya!

Contoh soal Hukum I Newton

Contoh soal 1

Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 80 km/jam di jalan tol. Saat akan keluar pintu tol, pengendara melihat sebuah kecelakaan di depan. Pengendara tiba-tiba menginjak rem untuk menghindari kecelakaan tersebut hingga mobil berhenti dan terdorong ke depan. Peristiwa tersebut sesuai dengan Hukum Newton ke…, jelaskan mengapa!

Jawaban:

Peristiwa terdorongnya pengendara mobil ke depan ketika mobil tiba-tiba direm sesuai dengan Hukum Newton ke 1. Apakah?

Baca juga: Contoh Soal Hukum Coulomb

Melansir dari Encyclopedia Britannica , Hukum 1 Newton berisi postulat yang hukum kelembaman. Kelembaman menyatakan bahwa benda akan mempertahankan keadaan tetapnya. Misalnya benda diam akan bertahan untuk tetap diam, dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dalam kecepatan konstan.

Saat berkendara dengan kecepatan konstan (dalam soal 80 km/jam), tubuh pengendara secara alami bergerak bersama dengan mobil. Tubuh pengendara bergerak ke arah depan dalam kecepatan yang konstan.

Ketika mobil bergerak sehingga berhenti tiba-tiba, tubuh pengendara masih berusaha mempertahankan keadaan geraknya yang konstan. Sehingga, tubuh terdorong ke depan, sesuai dengan kelembaman yang dinyatakan Hukum 1 Newton.

Contoh soal 2

Sebuah benda digantung dengan seutas tali sehingga timbul tegangan pada tali sebesar 150 N. Jika percepatan gravitasi 10 m/s, dan benda dalam keadaan seimbang. Berapakah massa benda tersebut?

Baca juga: Menghitung Gaya dengan Hukum Newton II

jawaban :

Dilansir dari Glenn Research Center NASA , menurut Hukum 1 Newton, benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dalam kecepatan yang sama.

Pada soal disebutkan bahwa benda dalam keadaan, artinya benda tetap diam dan sesuai dengan Hukum 1 Newton.

Sehingga, massa benda dapat dicari menggunakan persamaan Hukum 1 Newton sebagai berikut:

F = 0

F gaya yang bekerja pada benda. Karena benda dalam keadaan diam yang stabil, jumlah gaya yang bekerja pada benda adalah nol.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com