Kompas.com - 19/11/2021, 14:00 WIB
Ilustrasu pengertian pasar berdasarkan pelanggan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasu pengertian pasar berdasarkan pelanggan

KOMPAS.com - Berdasarkan motif beli dari pelanggan, pasar terbagi menjadi lima jenis, yakni pasar konsumen, pasar produsen, pasar penjual, pasar pemerintah, dan pasar internasional.

Motif pembelian memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli sebuah barang. Menurut Salim Al Idrus dalam buku Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep dan Teori (2019), motif beli atau pembelian dipengaruhi sejumlah faktor, seperti kemampuan ekonomi, agama, sosiologis, dan lainnya.

Pengertian pasar berdasarkan motif pembeli

Apabila dilihat dari motif belinya, pasar bisa dibagi menjadi lima jenis, yaitu pasar konsumen, pasar produsen, pasar penjual, pasar pemerintah, serta pasar internasional. Berikut penjelasannya: 

Pasar konsumen

Dilansir dari situs Study.com, pasar konsumen (consumer market) adalah pasar yang memungkinkan kita, sebagai konsumen, membeli barang, produk, dan menggunakan jasa.

Baca juga: Perbedaan serta Persamaan Pasar Monopoli dan Monopolistik

Contoh pasar konsumen adalah pasar makanan dan minuman, pusat perbelanjaan pakaian, dan pasar tempat jual beli kendaraan.

Motif beli dari jenis pasar konsumen adalah untuk digunakan pribadi, yakni memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau diberikan kepada orang lain, misalnya sebagai bantuan, hadiah, atau lainnya.

Pasar produsen

Pasar produsen (producer market) atau pasar industri adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang yang dibutuhkan produsen. Contohnya pasar bahan baku dan pasar peralatan.

Motif beli dari jenis pasar produsen adalah membeli bahan untuk diolah menjadi barang baru atau menghasilkan produk yang bisa dijual di pasar konsumen.

Baca juga: Bagaimana Gambaran Lingkungan di Pasar?

Pasar penjual

Jika anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka anda tergolong dalam kelompok pasar penjual.

Mengutip dari Investopedia, pasar penjual (seller’s market) atau pasar pedagang adalah kondisi pasar yang ditandai dengan kekurangan barang yang tersedia untuk dijual, sehingga menimbulkan penetapan harga yang kuat oleh penjual. Contohnya pasar properti dan pasar real estat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.