Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukan Kamu Contoh Wirausaha di Bidang Olahraga?

Kompas.com - 19/11/2021, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comWirausaha adalah kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan hampir di setiap bidang kehidupan manusia. Tahukah kamu, bahwa ada juga wirausaha di bidang olahraga? Sebutkan contohnya!

Contoh wirausaha bidang olahraga

Berikut beberapa contoh wirausaha bidang olahraga, yakni: 

Arena olahraga

Penggunaan arena olahraga juga bisa dijadikan sebagai wirausaha. Contohnya adalah penyewaan lapangan futsal, lapangan basket, kolam renang, lapangan golf, dan gor badminton. 

Toko perlengkapan olahraga

Toko perlengkapan olahraga adalah contoh wirausaha di bidang olahraga. Toko perlengkapan olahraga menyediakan berbagai alat perlengkapan untuk olahraga.

Toko perlengkapan olahraga selain memberikan keuntungan, namun juga dapat memfasilitasi olahraga di daerah sekitar.

Contoh perlengkapan olahraga yang dijual adalah bola basket, bola voli, bola sepak, bola takraw, bola tenis, net, raket, meja pingpong, kacamata renang, kok, dan pakaian olahraga.

Baca juga: Makna Saling Ketergantungan Dalam Wirausaha untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Konsultan ahli gizi olahraga

Semakin majunya indsutri olahraga, menuntun atlit untuk bisa memaksimalkan performa tubuhnya. Menaikkan program tubuh tidak hanya dilakukan dengan latihan, namun juga dengan memerhatikan asupan gizi atlit.

Dilansir dari Nutrition Jobs, ahli gizi olahraga memberikan konseling individu dan kelompok tentang kinerja gizi harian yang sehat, merekomendasikan nutrisi, melacak hasil layanan nutrisi, dan memastika kelayakan makanan dan nutrisi untuk meningkatkan kinerja olahraga.

Pusat kebugaran

Contoh wirausaha yang dapat dijalankan dalam bidang olahraga adalah membuka pusat kebugaran (fitness). Pusat kebugaran menyediakan berbagai alat kebugaran dan juga trainer profesional yang membantu program olahraga seseorang.

Suvenir olahraga

Suvenir olahraga merupakan wirausaha di bidang olahraga yang sudah ada sejak lama. Toko souvenir olahraga menyediakan berbagai barang berbau olahraga atau suatu klub olahraga yang menarik pembalian dari penggemarnya.

Baca juga: Cara Memperluas Wawasan dan Kreativitas dalam Hal Wirausaha

Terapi olahraga

Usaha terapi olahraga adalah salah satu contoh wirausaha bidang olahraga yang menyediakan tempat, peralatan, dan juga tenaga ahli yang membantu kesembuhan seorang pasien. Terapi olahraga sering disebut sebagai latihan terapeutik.

Mengutip dari Physiopedia, latihan teurapeutik melibatkan gerakan yang berfungsi memperbaiki gangguan, mengembalikan fungsi otot dan rangka, juga memperthankan kebugaran dan kesehatan tubuh.

Ada banyak jenis terapi olahraga, salah satunya adalah fisioterapi. Wirausaha dengan membuka klinik fisioterapi dapat membantu pasien untuk sembuh dari cedera olahraga, penyakit paru, stroke ringan, dan juga stroke berat.

Aplikasi olahraga

Contoh selanjutnya dari wirausaha di bidang olahraga adalah membuat aplikasi olahraga. Menurut R. R. Tjandrawina dalam Industri 4.0: Revolusi Industri Abad ini dan Pengaruhnya pada Bidang Kesehatan dan Teknologi (2016), menyebutkan teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi secara fundamental akan mengubah pola hidup.

Baca juga: Manfaat Melakukan Wirausaha Sejak Kecil

Aplikasi olahraga berguna sebagai teknologi baru yang memungkinkan manusia untuk berolahraga dengan benar secara mandiri.

Aplikasi olahraga adalah wirausaha yang potensial karena sifatnya yang praktis. Dengan hanya menginstall aplikasi olahraga, seseorang bisa berolahraga di mana saja dan kapan saja.

Acara nonton bersama pertandingan olahraga

Acara nonton bersama pertandingan olahraga juga dapat dijadikan sebagai wirausaha. Kita bisa menyediakan tempat yang nyaman, siaran pertandingan olahraga dengan fasilitas yang jelas, juga makanan dan minuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com