Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Asas Koperasi yang Sesuai Pancasila

Kompas.com - 10/11/2021, 13:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berlandaskan pada Pancasila. Bagaimana asas koperasi yang berkesesuaian dengan Pancasila terutama Sila ke-5 Pancasila?

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perkoprasian, asas koperasi Indonesia adalah kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Sesuai dengan Sila ke-5 Pancasila

Asas koperasi tersebut sesuai dengan Pancasila sebagai landasan idiilnya, terutama sila ke-5 yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Hal tersebut, karena koperasi tidak hanya berorientasi pada uang seperti koperasi Barat. Yasni dalam buku Bung Hatta Menjawab (1979) menyebutkan bahwa koperasi adalah kumpulan manusia, sedangkan uang adalah faktor kedua.

Dalam koperasi, kumpulan manusia tersebut memiliki ikatan yang berlandaskan asas kekeluargaan dan kegotongroyongan yang sesuai dengan nilai-nilai sila ke-5 Pancasila.

Baca juga: Bagaimana Pendapatmu Tentang Koperasi di Indonesia?

Menurut Pandji Anaroga dan Ninik Widiyanti dalam buku Manajemen Koperasi-Teori dan Praktek (1995) asas kekeluargaan mencerminkan adanya kesadaran dari hati nurani manusia untuk mengerjakan segala sesuatu dalam koperasi di bawah pimpinan pengurus.

Asas gotong royong merupakan kesadaran untukbekerja sama dan turut bertanggung jawab dalam organisasi untuk bersama-sama membangun ekonomi. Gotong royong menekankan kebersamaan dan keadilan karena mengesampingkan tindakan mementingkan diri sendiri.

Asas kekeluargaan dan kegotongroyongan koperasi juga sesuai dengan sila ke-5 karena tidak hanya untuk kepentingan anggota koperasi, melainkan masyarakat sekitarnya. Hal ini sejalan dengan peranan koperasi untuk membangun ekonomi dan mengembangkan kesejahteraan rakyat.

Koperasi dengan kekeluargaan dan bergotongroyong membentuk berbagai usaha dan karya. Berbagai usaha koperasi menghasilkan dana yang dibagikan secara adil pada nggota koperasi berdasarkan besar jasa yang telah diberikan.

Sisa dana hasil usaha koperasi juga selain yang dapat digunakan sebagai dana sosial, pendidikan, juga pembangunan di sekitar daerah kerja koperasi.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Koperasi yang Sesuai Pancasila

Diagram alur

Sehingga, koperasi turut serta memberikan keadilan bagi masyarakat di sekitarnya sesuai dengan sila ke-5 Pancasila. Hal tersebut dapat terbaca melalui diagram berikut ini: 

Diagram alur kesesuaian asas koperasi dengan sila ke-5Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Diagram alur kesesuaian asas koperasi dengan sila ke-5

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com