Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC)?

Kompas.com - 18/10/2021, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Komputer merupakan salah satu barang yang paling penting bagi manusia modern.

Tahukah kamu, bahwa komputer digital pertama yang digunakan untuk tujuan umum diberi nama ENIAC? Kepanjangan dari ENIAC adalah Electronic Numerical Integrator and Computer.

ENIAC, komputer besar

Jika kamu berpikir bentuk fisik ENIAC sama dengan komputer sekarang, itu adalah sebuah kesalahan. ENIAC sangatlah besar, komputer tersebut seukuran satu ruangan dan memiliki berat 30 ton.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ENIAC mengisi ruangan seluas 135 meter persegi, berisi 40 panel dengan panjang 2,4 meter dan lebar 0,6 meter.

Baca juga: Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang IPTEK

ENIAC tersusun lebih dari sekitar 18.000 tabung vakum (ketika itu belum ditemukan transistor), 10.000 kapasitor, 6.000 sakelar, 1.500 relay, 70.000 resistor, dan sekitar lima juta sambungan solder. ENIAC juga dilengkapi dengan dua buah blower besar untuk menjaga agar ENIAC tetap dingin.

Mengutip dari Techopedia, ENIAC memiliki desain jam 100 kilohertz yang dapat melakukan lima ribu siklus perhitungan per detik dengan angka sepuluh digit.

Siklus dasar mesin ENIAC adalah 200 mikrodetik yang tiap siklusnya dapat menghitung dua angka. Jumlah perhitungan yang dilakukan ENIAC diperkirakan telah melebihi jumlah perhitungan yang dilakukan manusia pada masa itu.

Dua buah ENIAC saat ini dipajang di Moore School of Engineering and Applied Science, di ruangan 100 gedung Moore. Di sebelah kiri adalah tabel fungsi (untuk membaca dalam tabel data). Ada empat panel, yang paling kiri mengontrol antarmuka ke tabel fungsi. Yang ketiga adalah akumulator - memori untuk menyimpan angka 10 digit, yang dapat ditambahkan ke dalamnya.wikipedia.org/commons/Andrei Stroe using CommonsHelper. Dua buah ENIAC saat ini dipajang di Moore School of Engineering and Applied Science, di ruangan 100 gedung Moore. Di sebelah kiri adalah tabel fungsi (untuk membaca dalam tabel data). Ada empat panel, yang paling kiri mengontrol antarmuka ke tabel fungsi. Yang ketiga adalah akumulator - memori untuk menyimpan angka 10 digit, yang dapat ditambahkan ke dalamnya.

Dikembangkan selama Perang Dunia II

ENIAC dikembangkan selama periode Perang Dunia II. Menyadur dari Computer History Museum, ENIAC adalah proyek yang diusulkan oleh fisikawan John Mauchly untuk membuat mesin penghitung elektronik yang akan menghitung tabel balistik artleri Angkatan Darat AS.

ENIAC kemudian dibangun oleh John Machlly dan insinyur asal Amerika Bernama John Presper Eckert Jr.

Pembangunan ENIAC didanai oleh pemerintah Amerika Serikat dan dibantu oleh insinyur dari Moore School of Electrical Engineering yang berafiliasi dengan University of Pennsylvania. Tidak heran, ENIAC kemudian dioperasikan di ruang bawah tanah sekolah Moore.

Baca juga: Dampak Perkembangan Komputer

ENIAC selesai setelah Perang Dunia II berakhir dan kemudian diperkenalkan pada umum. Dilansir dari Smithsonian Magazine, pada 14 Februari 1946 pemerintah AS mengenalkan ENIAC ke publik sebagai mesin yang dapat merevolusi matematika teknik dan desain industri.

Pekerjaan pertama yang dilakukan oleh ENIAC adalah pengembangan bom hidrogen (bom atom) yang dilengkapi sistem terkomputerisasi. Bom tersebut kemudian digunakan sebagai senjata pemusnah masal yang Perang Dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com