Kompas.com - 18/10/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi barang-barang luar negeri yang dijual di Indonesia freepik.com/jcompIlustrasi barang-barang luar negeri yang dijual di Indonesia

KOMPAS.com – Di pasar Indonesia tidak hanya ditemui produk buatan lokal, namun juga produk buatan luar negeri yang diimpor. Di Indonesia dapat ditemui berbagai macam barang buatan luar negeri yang dijual karena adanya perdagangan internasional.

Darman dalam jurnal Perdagangan Luar Negeri Indonesia-Amerika Serikat (2013) menyebutkan suatu negara melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri.

Contoh benda-benda buatan negara lain yang dijual di negara Indonesia adalah:

Komputer

Komputer dan laptop yang dijual di Indonesia kebanyakan adalah buatan luar negeri. Contohnya adalah Apple dan Dell yang berasal dari Amerika Serikat, Lenovo yang berasal dari China, Asus dan Acer yang berasal dari Taiwan.

Ponsel pintar

Seperti komputer dan laptop, kebanyakan ponsel pintar juga merupakan benda buatan luar yang dijual di Indonesia. Contohnya Iphone dari Amerika Serikat, Nokia dari Finlandia, Samsung dari Korea, Lenovo , Oppo, Hwawei, Vivo, dan Xiaomi dari China.

Baca juga: Contoh Globalisasi yang Terjadi di Daerah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepeda motor dan mobil

Benda buatan luar negeri lainnya yang dijual di Indonesia adalah sepeda motor dan mobil. Misalnya Kia yang berasal dari Korea, Jeep, Chevrolet, dan Ford yang berasal dari Amerika Serikat, Pigeot yang berasal dari Prancis, BMW, Mercedes-Benz, dan Audi yang berasal dari Jerman, Ducati dan Ferrari yang berasal dari Italia, Daihatsu, Toyota, Honda, Fuso, Hino, Nissan, dan Suzuki yang berasal dari Jepang.

Makanan dan minuman

Selain makanan dan minuman juga termasuk ke dalam barang luar negeri yang dijual di Indonesia. Contohnya adalah Samyang dari Korea, Nissin dari Jepang, Nutella dari Italia, Milo dari Australia, KFC , Mc Donald’s, Pringles, dan Coca-Cola dari Amerika Serikat.

Produk fesyen

Contoh selanjutnya dari barang buatan luar negeri yang dijual di Indonesia adalah produk fesyen. Misalnya Zara dan Balanciaga dari Spanyol, Uniqlo dari Jepang, Gucci dan Loui Vuitton dari Itali, Burberry dari Inggris, Dior dan Hermes dari Prancis, Adidas dari Jerman, Nike dari Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.