Kompas.com - 18/10/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik ShutterstockIlustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik

KOMPAS.com – Listrik adalah salah satu sumber energi terpenting dalam kehidupan manusia. Menurut data yang didapatkan Statista, konsumsi litrik dunia diperkirakan sekitar 23.398 terawatt jam pada tahun 2018. 

Menurut The Scientific World, penemuan energi listrik menyebabkan penciptaan dan penemuan perangkat yang merevolusi zaman dan berperan penting dalam kehidupan manusia.

Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-sehari bagi manusia. Berikut adalah Contoh pemakaian listrik dalam kehidupan sehari-hari:

Penerangan

Dalam kehidupan sehari-hari listrik digunakan untuk penerangan atau penghasil cahaya. Listrik menyalakan lampu yang memberikan cahaya terang juga stabil untuk menerangi malam maupun tempat yang gelap karena tidak terkena sinar matahari.

Selain penerangan di rumah, listrik sebagai penerangan juga digunakan sebagai senter, lampu jalan, dan lampu kendaraan bermotor untuk menghindari kecelakaan lalu lintas di malam hari.

Baca juga: Contoh Benda Hasil Perkembangan Teknologi yang Menggunakan Listrik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menghasilkan panas

Energi listrik digunakan untuk menghasilkan panas dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik yang dialirkan ke dalam elemen pemanas berupa kumparan konduktor dapat mengemisikan energi panas. Misalnya pemanas ruangan, kompor listrik, setrika listrik, solder, dan juga penanak nasi.

Membuang panas

Selain bisa menghasilkan panas, listrik juga bekerja sebaliknya yaitu membuang panas atau mendinginkan sesuatu. Misalnya pada pendingin ruangan atau AC. Mengutip dari How Stuff Works, AC menggunakan gas Freon untuk menyerap panas dan menurunkan udara.

Selain pada pendingin ruang, kulkas juga merupakan contoh bagaimana energi listrik membuang panas dan menjaga suatu tempat tetap dingin. Kulkas berfungsi menyimpan makanan agar tidak mudah basi.

Menghasilkan gerak

Dalam kehidupan sehari-hari, listrik juga digunakan untuk menghasilkan gerak. Energi listrik dapat diubah menjadi energi mekanik yang menghasilkan gerak. Contohnya adalah kipas angin, mobil listrik, eskalator, dan lift.

Pada alat transportasi seperti mobil motor, bus, kereta api, juga menggunakan listrik. Energi kimia dari bahan bakar alat transportasi diubah menjadi energi listrik yang kemudian diubah lagi menjadi energi mekanik sehingga alat transportasi bisa bergerak.

Baca juga: Adakah Pengaruh Listrik terhadap Globalisasi?

Peralatan medis

Hampir semua peralatan medis modern menggunakan listrik untuk dapat beroperasi. Contohnya CT-Scan, rontgen, elektrokardiograf, alat tes gula darah, MRI, ventilator mekanik, DC Shock, dan masih banyak lagi.

Sistem otomasi

Listrik merupakan sumber energi bagi sistem otomasi yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya alarm keamanan otomatis, pintu otomatis, anjungan tunai mandiri (ATM), dan juga mesin-mesin yang digunakan oleh industri dan manufaktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.