Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Pengaruh Listrik terhadap Globalisasi?

Kompas.com - 15/10/2021, 10:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting bagi manusia. Sejak penemuannya, listrik menjadi hal yang tak terlepaskan dari kehidupan dan mendorong modernisasi manusia. Menurutmu adakah pengaruh listrik terhadap globalisasi? Jelaskan!

Jawabannya adalah ya, listrik berpengaruh besar dalam globalisasi. Indra Overland dalam jurnal berjudul Energy: The Missing Link in Globalization (2016) energi (termasuk listrik) berkontribusi pada peningkatan interaksi di berbagai belahan dunia yang membentuk globalisasi.

Artinya, listrik memungkinkan interaksi manusia dari berbagai belahan dunia. Adapun peningkatan interaksi tersebut adalah proses dari globalisasi.

Listrik memberikan banyak keuntungan

Menurut David I. Stern, dkk dalam paper berjudul The Impact of Electricity on Economic Development: A Macroeconomic Perspective (2019) listrik memberikan banyak keuntungan, memungkinkan pencahayaan, meningkatkan efektivitas teknologi informasi dan komunkasi, dan meningkatkan produktivitas manufaktur.

Di mana kemajuan teknologi, komunikasi, dan manufaktur merupakan kunci dari terjadinya globalisasi. Sehingga dapat disimpulkan listrik memberikan pengaruh besar terhadap globalisasi.

Baca juga: Pengaruh Listrik dan Perkembangan Teknologi terhadap Terjadinya Globalisasi

Contoh peristiwanya adalah alat transportasi. Alat transportasi seperti motor, mobil, bus, kereta, dan pesawat, menggunakan aliran listrik untuk dapat menyala dan membawa manusia ke segala tempat. Alat transportasi melahirkan interaksi, menghubungkan manusia di berbagai belahan dunia.

Contoh lainnya adalah internet. Internet dapat ditemukan karena listrik telah ditemukan. Internet memungkinkan manusia di seluruh dunia saling berinteraksi dan bertukar informasi. Internet merupakan pendorong besar dari globalisasi.

Namun, perlu diingat bahwa tidak akan ada internet jika tidak ada listrik. Inilah mengapa daerah terpencil yang tidak memiliki akses listrik cenderung tidak tersentuh globalisasi.
Listrik mendorong terjadinya globalisasi.

Globalisasi yang terjadi kemudian mendorong penggunaan listrik. Semakin pesat globalisasi di suatu daerah, maka akan semakin besar pula konsumsi litrik daerah tersebut. Hal ini membuktikan bahwa listrik memainkan peran kunci dalam globalisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com