Kompas.com - 13/09/2021, 12:03 WIB
Ilustrasihak terhadap hewan peliharaan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasihak terhadap hewan peliharaan
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Hewan peliharaan merupakan hewan yang dipelihara oleh manusia sebagai penjaga rumah, pelacak, atau teman dalam kehidupan. Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa manusia memiliki hewan peliharan semenjak domestikasi anjing.

    Dilansir dari Smithsonian Magazine, Gregor Larson dan jaringan peneliti palaeogenomik dan bio-arkeologi Universitas Oxford menemukan bahwa manusia mendomestikasi anjing di Eropa sekitar 16.000 tahun yang lalu dan di Asia terjadi sekitar 14.000 tahun yang lalu.

    Hal tersebut membuktikan bahwa manusia telah bersahabat dengan hewan dalam waktu yang sangat lama. Selayaknya manusia, hewan adalah makhluk hidup yang bernyawa. Sehingga dalam memelihara hewan, kita harus memperhatikan hak dan kewajiban terhadap hewan yang kita pelihara.

    Hak dan kewajiban terhadap hewan peliharaan disebut dengan kesejahteraan hewan. Dikutip dari The Humane League, kesejahteraan hewan adalah seperangkat praktik yang dirancang untuk mengatur perlakuan manusa terhadap hewan baik untuk makanan, penelitian, maupun hiburan.

    Baca juga: Kewajiban terhadap Hewan Peliharaan dan Contohnya

    Berikut adalah contoh hak manusia terhadap hewan peliharaan, yaitu:

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Hak mendapat bahan pangan

    Manusia mendapatkan bahan pangan dari manusia seperti telur, daging, dan juga ikan. Hewan menyediakan sumber makanan kaya protein, lemak, dan juga mineral yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

    • Hak mendapat bahan sandang

    Manusia mendapatkan bahan sandang seperti baju, sepatu, dan celana dari hewan. Misalnya sutra yang didapatkan dari ulat sutra, bahan kulit yang didapat dari kambing, sapi, buaya, dan juga ular, dan juga bulu yang didapatkan dari angsa dan kambing. Selain bahan sandang, manusia juga bisa mendapat bahan kerajinan dari hewan.

    • Hak untuk bermain

    Manusia juga memiliki hak untuk bermain dengan hewan peliharaannya, selama tidak menyakiti, melukai, ataupun mengakibatkan stress pada hewan tersebut. Perlu diingat untuk tidak melakukan permainan yang berbau penyiksaan seperti mengadu hewan.

    • Hak memanfaatkan tenaga hewan

    Manusia bisa memanfaatkan tenaga hewan untuk beragam kebutuhan. Misalnya kerbau untuk membajak sawah, kuda untuk berkuda, keledai untuk mengangkut barang, anjing untuk menjaga rumah dan melacak bau, serta burung untuk mengantarkan surat.

    Dalam memanfaatkan tenaga hewan, manusa tidak boleh memaksa hewan di luar kemampuannya. Seperti menggunakan obat pemacu atau perangsang kerja hewan yang bisa membahayakan kesehatan serta keselamatannya.

    Baca juga: Perbedaan Kamuflase dan Mimikri pada Hewan

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.