Kompas.com - 28/07/2021, 12:51 WIB
Benua Amerika World AtlasBenua Amerika

KOMPAS.comAmerika Serikat merupakan salah satu negara di Benua Amerika Utara. Negara ini dikenal juga dengan nama United States atau United States of America (USA).

Amerika Serikat menjadi salah satu negara maju di dunia, khususnya di bidang teknologi dan ilmu pengetahuannya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Amerika Serikat berbatasan langsung dengan Kanada di sebelah utara, Samudra Atlantik di timur, Teluk Meksiko dan Meksiko di sebelah selatan, dan Samudra Pasifik di barat.

Dalam hal wilayah, Amerika Serikat menjadi negara terbesar keempat di dunia, setelah Rusia, Kanada, dan Tiongkok. Negara ini beribu kota di Washington, D.C. Amerika Serikat diperkirakan memiliki total luas wilayah sebesar 9.384 juta kilometer persegi.

Letak astronomis dan iklim Amerika Serikat

Secara astronomis, Amerika Serikat terletak di 24º33’LU – 70º23’LU dan 172º BB – 66º BB. Hal ini menyebabkan seluruh kawasan Amerika Serikat terletak di belahan bumi utara serta barat.

Baca juga: Letak Astronomis Indonesia dan Wilayahnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Letak astronomis ini membawa pengaruh secara langsung ataupun tidak pada jenis iklim Amerika Serikat. Dikutip dari situs National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), secara garis besar, iklim di Amerika Serikat sangatlah bervariasi, bergantung pada tempat dan waktu dalam setahun.

Secara lebih spesifik, Amerika Serikat membagi iklimnya menjadi enam kelompok berdasarkan lokasi. Berikut penjelasannya:

  1. Iklim laut sedang yang basah, terdapat di antara Pantai Barat di bagian utara Amerika Serikat.
  2. Iklim subtropis, terdapat di dataran pantai bagian selatan dan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.
  3. Iklim kering, terdapat di Dataran Tinggi Colorado, Great Basin dan Central Plain.
  4. Iklim laut sedang, terdapat di bagian timur Amerika Serikat.
  5. Iklim dingin, terdapat di sebagian wilayah Alaska.
  6. Iklim laut tropis yang terdapat di Kepulauan Hawai.

Walau memiliki iklim yang beragam, secara keseluruhan Amerika Serikat memiliki empat musim, yakni musim semi, dingin, gugur, dan panas.

Selain itu, suhu di negara ini juga sangat dipengaruhi oleh iklim dan lokasinya. Misal suhu di Alaska cenderung lebih rendah atau dingin karena letaknya yang berdekatan dengan Kutub.

Selain memengaruhi suhu udara, iklim di Amerika Serikat juga berpengaruh pada pertumbuhan vegetasi, tanah, serta satwa liarnya. Sehingga dapat dikatakan jika negara ini memiliki kelompok flora, fauna, serta jenis tanah yang khas sesuai dengan pembagian iklimnya.

Baca juga: Pengaruh Letak Astronomis Indonesia


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.