Kompas.com - 28/07/2021, 12:36 WIB
Ilustrasi contoh kalimat tanya dengan kata kapan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi contoh kalimat tanya dengan kata kapan

KOMPAS.com - Penggunaan kalimat tanya sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari manusia. Kalimat tanya sering digunakan untuk menanyakan suatu hal, jawaban, ataupun mengharapkan respons dari orang yang ditanya.

Selain mengharapkan jawaban atau respons, kalimat tanya juga sering digunakan untuk memulai percakapan serta memberi perintah kepada orang lain. Salah satu contoh kalimat tanya yang sering digunakan ialah kalimat tanya kapan.

Menurut Mariam L. M. Pandean dalam jurnal Kalimat Tanya dalam Bahasa Indonesia (2018), kalimat tanya adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu atau menginginkan jawaban.

Kalimat tanya sering juga disebut kalimat interogatif karena dipakai untuk mengungkapkan pertanyaan.

Ciri utama dalam kalimat tanya ialah menggunakan tanda baca berupa tanda tanya (?), sering dipakai bersamaan dengan imbuhan ‘-kah’ atau ‘-kan?’, dan biasanya kalimat tanya diletakkan di awal kalimat.

Baca juga: Contoh Kalimat Tanya Apa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalimat tanya kapan

Mengutip dari jurnal Membangun Hubungan Interpersonal Positif melalui Kesepadanan Kalimat Tanya dan Unsur Nonverbal di Kelas I Sekolah Dasar (2015) karya Taufina, kalimat tanya kapan tergolong dalam jenis kalimat tanya yang dipakai untuk meminta jawaban berupa keterangan mengenai waktu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata kapan berarti kata tanya untuk menanyakan waktu. Kalimat tanya kapan memang berfungsi untuk menanyakan waktu terjadinya peristiwa atau kejadian.

Jawaban pertanyaan ini dapat berupa jam, tanggal, hari, bulan, tahun, dan keterangan waktu lainnya.

Contoh kalimat tanya kapan beserta jawabannya

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita simak lima contoh di bawah ini:

Contoh 1:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.