Kompas.com - 27/07/2021, 15:24 WIB
Warga Suku Dayak di Desa Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Provinsi Kalimantan Timur. BARRY KUSUMAWarga Suku Dayak di Desa Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

KOMPAS.com - Suku bangsa terikat oleh kesamaan wilayah geografis. Sehingga tidak mengherankan jika penduduk di suatu wilayah bisa memiliki suku bangsa yang sama. Hampir tiap wilayah Indonesia memiliki suku bangsa yang beragam. Salah satu contohnya Kalimantan Barat.

Menurut Muhammad Iqbal Hanafri dalam jurnal Aplikasi Pengenalan Peta Indonesia, Adat Istiadat dan Suku Bangsa (2013), suku bangsa merupakan kesatuan sosial yang berkaitan dengan kesadaran akan kesatuan budaya dan kesatuan bahasa dan wilayah geografis.

Kalimantan Barat dikenal dengan keberagaman budayanya. Namun, wilayah ini juga memiliki keberagaman suku bangsa yang tercermin dari penduduknya. Apa sajakah suku yang berasal dari Kalimantan Barat?

Suku Dayak

Mengutip dari buku Ayo Mengenal Indonesia: Kalimantan 1 (2010) karya N. Arie Any, hampir sebagian besar penduduk Kalimatan Barat berasal dari suku Dayak. Beberapa dari mereka lebih sering tinggal di daerah pedalaman, serta sekitar perbatasan dengan Serawak.

Selain di pedalaman dan dekat Serawak, penduduk suku Dayak juga bisa ditemui di kawasan sekitar pesisir. Suku ini dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain suku Dayak Iban, Dayak Taman, Dayak Kayan, Dayak Punan, dan Dayak Kantun.

Baca juga: Suku dan Budaya Indonesia, Jawaban Soal TVRI 15 September SD Kelas 4-6

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suku Melayu

Melansir dari jurnal Etnisitas, Hubungan Sosial dan Konflik di Kalimantan Barat (2012) karya John Haba, selain suku Dayak, suku Melayu juga mendominasi penduduk Kalimantan Barat. Suku Dayak dan Melayu menjadi suku mayoritas di wilayah ini.

Ciri utama suku ini ialah memeluk agama Islam, baik dari awal atau semenjak dilahirkan, atau karena perkawinan, dan lain sebagainya. Penduduk dari suku Melayu bisa ditemui di kawasan pesisir, seperti Sambas, Ketapang, Pontianak, dan Mempawah.

Suku Jawa

Suku Jawa tidak hanya bisa ditemui di Pulau Jawa saja. Karena suku ini juga bisa ditemui di Kalimantan Barat dan daerah lainnya di Indonesia. Biasanya penduduk suku Jawa merupakan kelompok masyarakat yang melakukan transmigrasi atau perpindahan penduduk. Mereka bisa dengan mudah ditemui di daerah transmigrasi, seperti Sintang dan Kubu Raya.

Suku Tionghoa

Penduduk dari suku Tionghoa juga bisa ditemui di Kalimantan Barat. Biasanya mereka mudah ditemui di kawasan perkotaan, seperti Singkawang dan Pontianak. Setidaknya ada empat kelompok suku Tionghoa di Kalimantan Barat, yakni Hokkien, Teo Chiu, Khek, dan Kanton.

Baca juga: Sejarah Suku Tidung, Kerabat Suku Dayak

Suku Madura

Suku Madura juga menjadi salah satu kelompok penduduk di Kalimantan Barat. Penduduk suku Madura bisa ditemui di kawasan Mempawah dan Kubu Raya. Mayoritas dari mereka merupakan bagian dari migrasi swakarsa atau migrasi dengan biaya sendiri.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.