Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kandungan pada Beras?

Kompas.com - 16/07/2021, 12:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.comBeras yang sudah diolah menjadi nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia dan Asia.

Beras merupakan butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Kandungan utama yang sudah pasti ada dalam beras ialah karbohidrat. Kandungan ini membuat orang yang memakannya merasa kenyang selama beberapa jam.

Definisi tentang apa itu beras tercantum dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor:32/Permentan/OT/140/3/2007 tentang Pelarangan Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya pada Proses Penggilingan Padi, Huller dan Penyosohan Beras.

Definisi beras adalah sebagai hasil utama dari proses penggilingan gabah hasil tanaman padi (Oryza sativa L.) yang seluruh lapisan sekamnya terkelupas dan seluruh atau hanya sebagian lapisan bekatulnya telah dipisahkan.

Menurut Wisnu Adi Yulianto dalam buku Kimia Beras: Biosintesis dan Sifat Fungsional Pati (2021), kandungan kimia yang ada dalam Serealia, termasuk beras, sangatlah beragam. Hal ini didasarkan pada lingkungan, tanah, serta varietasnya.

Baca juga: Jenis Makanan Berdasarkan Kandungan Zat di Dalamnya

Seperti yang telah disebutkan di atas, karbohidrat menjadi komponen utama dan terbesar dari beras. Kandungan karbohidrat dalam beras ini didominasi oleh pati, hemiselulosa, selulosa, gula, dan fitin.

Selain karbohidrat, beras juga mengandung protein. Persentasenya sekitar tujuh persen. Jika dibandingkan dengan jenis Serealia lainnya, kandungan protein beras lebih rendah. Namun, karena jumlah yang dikonsumsi banyak, hal ini membantu pemenuhan protein harian.

Tidak hanya karbohidrat dan protein, beras juga mengandung vitamin, mineral, asam lemak, energi, zat besi, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya beras sangat bermanfaat untuk manusia, asalkan dikonsumsi dengan tidak berlebihan dan juga mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya.

Daftar kandungan beras

Dilansir dari Healthline, berikut daftar kandungan yang ada pada beras: (nilai kandungan ini berdasarkan nilai nutrisi per 100 gram)

Kandungan pada beras Nilai kandungannya
Energi 1527 kJ
Protein 7,13 gram
Lemak 0,66 gram
Kabohidrat 79 gram
Fiber atau serat 1,3 gram
Gula 0,12 gram
Kalsium 28 miligram
Zat Besi 0,63 miligram
Sodium 1 miligram
Kolestrol 0 miligram

Baca juga: Daftar Makanan Tradisional di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com