Kompas.com - 15/07/2021, 13:42 WIB
Perbedaan perkembangan vegetatif alami dan buatan KOMPAS.com/Gischa PrameswariPerbedaan perkembangan vegetatif alami dan buatan

KOMPAS.com – Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat berkembang biak secara seksual maupun aseksual.

Perkembangan aseksual disebut juga sebagai perkembangan vegetatif. Perkembangan vegetatif adalah reproduksi non-seksual yang tidak melibatkan peleburan gamet.

Perkembangan vegetatif terdiri menjadi dua macam, yaitu perkembangan vegetatif alami dan perkembangan vegetatif buatan. Berikut adalah perbedaan vegatatif alami dan vegetatif buatan:

Pengertian

Perkembangan vegetatif alami yaitu proses memperbanyak diri non-seksual tumbuhan yang dilakukan secara alami tanpa adanya campur tangan manusia.

Adapun perkembangan vegetatif buatan adalah proses perbanyakan atau reproduksi non-seksual tumbuhan melalui campur tangan manusia.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Perkembangbiakan Vegetatif Alami?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis perkembangan

Perkembangan vegatatif alami terjadi secara alami oleh tumbuhan itu sendiri untuk kelangsungan hidup spesiesnya. Jenis perkembangan vegeatatif alami antara lain rimpang, tunas, tunas adventif, stolon, umbi, dan membelah diri.

Sedangkan perkembangan vegetatif buatan terjadi karena metode yang dikembangkan oleh manusia. Vegetatif buatan bertujuan memperbanyak tumbuhan untuk keperluan perkembunan maupun pertanian manusia.

Jenis perkembangan vegetatif buatan antara lain adalah stek, cangkok, okulasi, dan kultur jaringan.

Perkembangan vegetatif alami

Dilansir dari Thought Co, perkembangan vegetatif alami pada tanaman non-vaskular seperti lumut dilakukan dengan pembentukan gammae dan spora.

Sedangkan pada tumbuhan vaskular (berpembuluh) dilakukan oleh jaringan meristem pada akar, batang, dan daun. Berikut adalah jenis-jenis perkembangan vegetatif alami:

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.