Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Jasa Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Kompas.com - 29/06/2021, 13:21 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comIndustri jasa keuangan merujuk pada pelayanan jasa di bidang industri keuangan. Industri jasa keuangan juga bisa mengacu pada sejumlah organisasi yang memiliki wewenang untuk pengelolaan dana.

Segala aktivitas di Industri Jasa Keuangan atau IJK termasuk dalam kegiatan ekonomi. Aktivitas tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang merupakan lembaga independen untuk mengawasi, memeriksa serta menyelidiki sesuai ketentuan di dalam UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengertian industri jasa keuangan

Dilansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang dimaksud dengan industri jasa keuangan adalah kumpulan perusahaan ataupun institusi, termasuk lembaga pendukungnya, yang bergerak di bidang jasa keuangan.

Industri jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang diharapkan dapat memajukan kesejahteraan umum dan berdaya saing global. Agar hal ini terwujud, dalam pelaksanaannya harus senantiasa diawasi oleh lembaga OJK.

Baca juga: Literasi Keuangan: Definisi, Manfaat, dan Tingkatnya

Ruang lingkup dan contoh industri jasa keuangan

Industri jasa keuangan memiliki tiga ruang lingkup besar, yaitu:

  • Industri perbankan

Menurut Hermansyah dalam buku Hukum Perbankan Nasional Indonesia (2020), perbankan merupakan segala hal yang berkaitan dengan bank, mulai dari kelembagaan hingga proses pelaksanaan kegiatan usahanya.

Industri perbankan berkaitan erat dengan sistem kerja bank yang merupakan salah satu lembaga keuangan. Maka industri perbankan juga meliputi proses pengelolaan dana keuangan, mulai dari uang tunai hingga kredit.

Contoh industri perbankan ialah Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Bank Umum Syariah (BUS), Bank Pembangunan Daerah (BPD), dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah.

  • Industri keuangan non bank

Berbeda dengan industri perbankan, industri keuangan non bank merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, namun sistem dan cara kerjanya tidak seperti bank. Karena biasanya jenis industri ini menarik dananya secara tidak langsung.

Baca juga: Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Contoh industri keuangan non bank ialah lembaga asuransi (misalnya perusahaan asuransi jiwa), pengelolaan dana pensiun (misalnya BPJS Ketenagakerjaan), lembaga keuangan mikro, dan lembaga pembiayaan (misalnya perusahaan modal ventura).

  • Industri pasar modal

Industri pasar modal juga termasuk dalam ruang lingkup industri jasa keuangan. Dikutip dari buku Pengetahuan Pasar Modal untuk Konteks Indonesia (2015) karya Sawidji Widoatmodjo, pasar modal adalah tempat untuk melakukan transaksi modal jangka panjang yang mana ada permintaan oleh penerbit surat berharga dan penawaran oleh investor. Contohnya ialah Bursa Efek Indonesia (BEI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com