Kompas.com - 17/06/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi unsur-unsur manajemen freepik.comIlustrasi unsur-unsur manajemen

KOMPAS.com - Manajemen merupakan suatu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Managemen dilakukan dalam berbagai kegiatan misalnya manajemen waktu, manajemen uang pribadi, manajemen bisnis, hingga manajemen organisasi ataupun institusi.

Dilansir dari Lumen Learning, manajemen adalah tindakan mengumpulkan orang-orang untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efosien dan efektif. Ada enam unsur dalam manajemen yaitu man, methods, machines, money, material, dan market.

  • Man (manusia)

Unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan adalah sumber daya manusia. 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, man mengacu pada unsur manusia dalam sistem operasi, sehingga manajemen manusia adalah salah satu tanggung jawab yang penting.

Manusia memiliki keterampilan hingga sifat yang berbeda-beda. Sehingga manajemen manusia dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, lingkungan kerja yang sehat dan kondusif, serta ide-ide inovatif yang dapat memajukan usaha.

Baca juga: Manajemen Organisasi: Pengertian, Fungsi, Struktur dan Perannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Methods (metode)

Methods atau metode adalah unsur manajemen yang diperlukan untuk mengatur prosedur maupun standar operasional berjalannya suatu kegiatan.

Metode kegiatan ataupun usaha harus dibuat sebaik dan seefektif mungkin untuk menghasilkan kerja yang bagus.

Misalnya jam kerja harus diimbangi dengan waktu untuk makan dan beristirahat sehingga pegawai dalam kondisi yang fokus dan tidak kelelahan.

Pada produksi suatu barang juga metode produksi harus efektif di mana produksi memiliki alur dan prosedur yang sistematik.

Penambahan kontrol kualitas juga diperlukan untuk mendapatkan metode terbaik yang dapat diterapkan pada suatu kegiatan maupun usaha.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X