Manajemen Produksi Seni Teater Modern

Kompas.com - 14/01/2021, 21:00 WIB
Pertunjukan Teater Pledoi Setan kritik Perda Miras DPRD Surabaya. KOMPAS.com/Achmad FaizalPertunjukan Teater Pledoi Setan kritik Perda Miras DPRD Surabaya.

KOMPAS.com - Teater modern merupakan salah satu jenis kesenian teater. Secara garis besar, tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara seni teater tradisional dengan seni teater modern.

Hanya saja seni teater modern tumbuh dan berkembang di masyarakat pada zaman modern atau yang sedang berlangsung.

Seni teater membutuhkan kemampuan beradu peran yang baik. Selain itu, jenis kesenian ini juga membutuhkan manajemen produksi yang baik.

Kesuksesan dalam melakukan pentas drama tidak terlepas dari peran manajemen produksi, yang mayoritas bekerja di balik layar.

Baca juga: Perbedaan Drama dan Teater

Berikut adalah susunan manajemen produksi dalam seni teater yang dilansir dari situs Theatres Trust:

  • Produser

Produser berperan untuk mencari serta mengelola keuangan dalam suatu kelompok teater. Selain itu, produser juga bertugas untuk mencari orang yang dirasa cocok untuk berperan dalam kelompok teater tersebut.

  • Sutradara

Sutradara berperan untuk menyusun, mengembangkan serta menata gerakan hingga adegan dalam sebuah pertunjukan pentas drama.

  • Penata panggung atau manajer panggung

Penata panggung berperan untuk mengatur serta menata pemeran sebelum memasuki panggung. Selain itu, penata panggung juga berperan untuk mengatur pemeran selama berada di dalam ruang latihan.

  • Manajer produksi

Manajer produksi berperan untuk menata atau mengatur segala hal yang berkaitan dengan produksi pementasan teater.

Baca juga: Unsur-Unsur Teater Nusantara

  • Teknisi

Teknisi berperan untuk mengatur tata pencahayaan atau lighting agar pementasan drama dapat semakin dramatis.

Selain itu, juga ada teknisi suara yang bertugas untuk mengatur volume suara dari pemeran teater dan juga memberi efek suara agar teater semakin dramatis.

  • Divisi perlengkapan

Divisi perlengkapan berperan untuk mengatur akomodasi serta perlengkapan yang dibutuhkan saat pementasan drama. Divisi perlengkapan lebih berfokus pada proses produksi.

  • Divisi medis

Divisi medis berperan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan berkaitan dengan proses pementasan panggung. Misalnya mengobati tangan dari pemeran yang terluka.

  • House manager 

House manager berperan untuk mengatur konsumsi seluruh tim pentas drama serta mengatur beberapa hal yang diperlukan oleh para pemeran teater.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X