Kompas.com - 28/05/2021, 13:06 WIB
Ilustrasi Kanada - Kota Edmonton di Alberta (dok. Edmonton Tourism https://www.brandcanadalibrary.ca/). dok. Edmonton Tourism (https://www.brandcanadalibrary.ca/)Ilustrasi Kanada - Kota Edmonton di Alberta (dok. Edmonton Tourism https://www.brandcanadalibrary.ca/).

KOMPAS.com - Garis pantai merupakan garis pemisah daratan pantai dengan laut. Setiap pantai di dunia memiliki panjang garis pantai yang berbeda. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh faktor geografis dan faktor alam di suatu wilayah.

Ada beberapa negara di dunia yang tercatat memiliki garis pantai terpanjang. Negara mana sajakah itu?

Kanada, Amerika Utara

Mengutip dari Super Lengkap Atlas Indonesia dan Dunia (2019) karya Tim Geospasial, Kanada menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Total panjangnya mencapai 202.080 kilometer atau setara dengan 125.567 mil.

Dilansir dari World Atlas, garis pantai di Kanada terbentang dari bagian barat Samudra Pasifik, bagian timur Samudra Atlantik serta bagian utara Samudra Arktik.

Hampir di sebagai besar provinsi dan wilayah teritori Kanada memiliki garis pantai dengan tipe serta karakteristik yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Negara sebagai Organisasi Kekuasaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pantai Ayah, Kebumen, Jawa TengahMarcell Pantai Ayah, Kebumen, Jawa Tengah
Indonesia

Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang di dunia. Totalnya mencapai 95.181 kilometer.

Tiap pantai di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda, karena dipengaruhi faktor alam serta campur tangan manusia.

Contohnya di sepanjang pantai Pulau Kalimantan juga bisa ditemui keberagaman hutan bakau yang tumbuh subur.

Selain itu, di sepanjang pantai utara Jawa dan barat daya Sulawesi, bisa ditemui budidaya tambak udang yang dijalankan masyarakat sekitar.

Norwegia

Negara ini memiliki garis terpanjang nomor tiga di dunia. Total panjang garis pantainya ialah 58.133 kilometer. Bentuk garis pantai di Norwegia cenderung tidak beraturan dan berlekuk, karena ada banyak pulau di sepanjang garis pantainya.

Baca juga: Apa itu Konsep Negara Kesejahteraan?

Sebagian besar penduduk Norwegia banyak yang bermukim di sepanjang pantai. Tidak hanya itu, garis pantai di Norwegia juga menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit dengan pemandangannya yang indah dan megah.

Rusia

Rusia memiliki total garis pantai sepanjang 37.653 kilometer. Garis pantai di Rusia terbagi dengan bagian timur Samudra Pasifik, bagian barat Samudra Atlantik, bagian utara Samudra Arktik dan Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Kaspia serta bagian barat daya Laut Azov.

Pantai pasir putih di Boracay, FilipinaShutterstock Pantai pasir putih di Boracay, Filipina
Filipina

Sebagai salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara, Filipina memiliki 7.641 pulau. Filipina termasuk dalam negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, total panjangnya mencapai 36.289 kilometer. Bentuk garis pantainya juga tidak teratur, mayoritas berbentuk pulau kecil dan teluk.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X