Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang

KOMPAS.com - Garis pantai merupakan garis pemisah daratan pantai dengan laut. Setiap pantai di dunia memiliki panjang garis pantai yang berbeda. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh faktor geografis dan faktor alam di suatu wilayah.

Ada beberapa negara di dunia yang tercatat memiliki garis pantai terpanjang. Negara mana sajakah itu?

Kanada, Amerika Utara

Negara dengan garis pantai terpanjang di dunia adalah Kanada. Mengutip dari Super Lengkap Atlas Indonesia dan Dunia (2019) karya Tim Geospasial, total panjang garis pantai Kanada mencapai 202.080 kilometer atau setara dengan 125.567 mil.

Dilansir dari World Atlas, garis pantai di Kanada terbentang dari bagian barat Samudra Pasifik, bagian timur Samudra Atlantik serta bagian utara Samudra Arktik.

Hampir di sebagai besar provinsi dan wilayah teritori Kanada memiliki garis pantai dengan tipe serta karakteristik yang berbeda.

Tiap pantai di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda, karena dipengaruhi faktor alam serta campur tangan manusia.

Contohnya di sepanjang pantai Pulau Kalimantan juga bisa ditemui keberagaman hutan bakau yang tumbuh subur.

Selain itu, di sepanjang pantai utara Jawa dan barat daya Sulawesi, bisa ditemui budidaya tambak udang yang dijalankan masyarakat sekitar.

Norwegia

Negara ini memiliki garis terpanjang nomor tiga di dunia. Total panjang garis pantainya ialah 58.133 kilometer. Bentuk garis pantai di Norwegia cenderung tidak beraturan dan berlekuk, karena ada banyak pulau di sepanjang garis pantainya.

Sebagian besar penduduk Norwegia banyak yang bermukim di sepanjang pantai. Tidak hanya itu, garis pantai di Norwegia juga menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit dengan pemandangannya yang indah dan megah.

Rusia

Rusia memiliki total garis pantai sepanjang 37.653 kilometer. Garis pantai di Rusia terbagi dengan bagian timur Samudra Pasifik, bagian barat Samudra Atlantik, bagian utara Samudra Arktik dan Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Kaspia serta bagian barat daya Laut Azov.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/05/28/130657369/5-negara-dengan-garis-pantai-terpanjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke