Kompas.com - 27/05/2021, 17:42 WIB
Ilustrasi planet-planet di tata surya SHUTTERSTOCKIlustrasi planet-planet di tata surya

KOMPAS.com - Planet dan bintang, keduanya adalah benda langit yang sama-sama terlihat bersinar. Manusia sendiri tinggal pada suatu planet yang dinamakan dengan Bumi.

Makhluk hidup di Bumi memanfaatkan energi dari suatu bintang yang bernama Matahari untuk bertahan hidup.

Mengapa Matahari adalah bintang, sedangkan Bumi adalah planet? Sebenarnya apakah yang membedakan bintang dan planet? Untuk mengetahuinya jawabannya yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Pengertian planet dan bintang 

Dilansir dari International Astronomical Union, planet adalah benda langit yang mengorbit bintang, memiliki massa yang cuku untuk gaya gravitasi sendiri.

Gaya gravitasi tersebut dapat mengatasi gaya kaku sehingga bumi mencapai kesetimbangan hidrostatik dengan bentuknya yang bulat seperti bola.

Baca juga: Mengapa Rasi Bintang dapat Dijadikan sebagai Penunjuk Arah?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Planet bukanlah satelit, dan juga dapat membersihkan dengan cara menyedot atau menendang benda langit lain di sekitar orbitnya.

Sedangkan bintang adalah benda langit berbentuk bola gas yang terikat oleh gravitasinya sendiri. Gravitasi bintang sangatlah besar, sehingga bisa menarik planet untuk mengorbit ke arahnya.

Saking besarnya gravitasi bintang, gravitasi itu menarik dirinya sendiri ke dalam. Dilansir dari Imagine the Universe NASA, gravitasi bintang berusaha terus-terusan membuat bintang runtuh namun gravitasi tersebut dilawan oleh tekanan gas inti bintang yang sangat panas.

Pada inti yang sangat panas tersebut terjadi reaksi nuklir yang menghasilkan energi sangat besar ke arah luar bintang hingga dapat melawan gaya gravitasinya sendiri. Energi inilah yang disebut panas dan sinar Matahari yang sampai ke Bumi kita.

Perbedaan planet dan bintang 

Berikut beberapa perbedaan planet dan bintang. yaitu:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X