Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Konsep Negara Kesejahteraan?

Kompas.com - 13/04/2021, 15:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsep negara kesejahteraan juga dikenal sebagai welfare state. Konsep ini berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di sebuah negara.

Kesejahteraan ini haruslah mencakup berbagai bidang, mulai dari kesehatan hingga sektor ekonomi. Untuk itu, pemerintah memegang peranan yang sangat penting dalam mewujudkannya.

Apa itu konsep negara kesejahteraan?

Melansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), konsep negara kesejahteraan atau welfare state merupakan sebuah konsep pemerintahan yang mana negara atau institusinya memegang peranan penting dalam perlindungan serta menyejahterakan kehidupan sosial dan ekonomi warga negaranya.

Sektor sosial dan ekonomi memang menjadi fokus utama pemerintah dengan konsep welfare state. Harapannya kehidupan masyarakat bisa lebih sejahtera secara sosial dan ekonominya.

Baca juga: Apa Perbedaan Administrasi Negara dengan Administrasi Swasta?

Dikutip dari situs Investopedia, konsep negara kesejahteraan atau welfare state juga bisa diartikan sebagai upaya negara  lewat pemerintahan itu sendiri atau kelompok sosial yang mapan untuk memberikan jaminan ekonomi dasar bagi warga negaranya.

Ada tiga prinsip utama dalam konsep negara kesejahteraan, yakni:

  1. Kesetaraan kesempatan
    Warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengenyam pendidikan dan memperoleh pekerjaan yang layak. Hal ini juga termasuk pemerolehan pendapatan yang sesuai dengan pekerjaannya.
  2. Distribusi kekayaan yang merata
    Konsep negara kesejahteraan bertujuan untuk menyejahterakan warga negaranya. Maka dari itu pendistribusian kekayaan secara merata, khususnya kepada masyarakat yang membutuhkan menjadi salah satu prinsip welfare state. Contohnya ialah pembagian jaminan sosial untuk pengangguran.
  3. Tanggung jawab publik
    Artinya masyarakat bertanggung jawab atas hak atau kesejahteraan yang telah didapatkan dan memanfaatkannya dengan baik.

Contoh penerapan konsep negara kesejahteraan ialah adanya jaminan sosial sebagai asuransi untuk para pengangguran. Contoh lainnya pembayaran kesejahteraan bagi mereka yang tidak bisa bekerja.

Menurut Oman Sukmana dalam jurnal yang berjudul Konsep dan Desain Negara Kesejahteraan (Welfare State) (2016), ide dasar konsep welfare state berawal dari upaya negara atau pemerintah untuk mengelola seluruh sumber dayanya demi meningkatkan kesejahteraan warga negaranya.

Baca juga: Apa Perbedaan Administrasi Negara dengan Administrasi Swasta?

Ide dasar dari konsep welfare state ini kemudian diaplikasikan lewat kebijakan pemerintah. Artinya pemerintah membuat kebijakan yang mana tujuan akhirnya ialah untuk menyejahterakan seluruh masyarakatnya. Caranya adalah dengan pengelolaan sumber daya.

Contohnya pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan di sektor industri, dengan demikian warga negara akan mendapat pekerjaan dan penghasilan yang sesuai. Harapannya lewat ketersediaan lapangan pekerjaan ini masyarakat bisa hidup lebih sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com