Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proposal Penelitian: Pengertian, Tujuan, Jenis, Penulisan, dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 12/04/2021, 18:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proposal adalah dokumen berisi rancangan yang dibuat untuk mengusulkan suatu kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan tersebut dapat berupa bisnis, pengajuan dana, kegiatan, proyek, maupun penelitian. Dilansir dari University of Birmingham, proposal penelitian adalah ringkasan singkat dan koheren dari penelitian yang diusulkan.

Proposal penelitian berisikan masalah utama tentang suatu penelitian juga lankah-langkah dalam memecahkan masalah tersebut.

Dalam proposal penelitian juga terdapat latar belakang, ide-ide pemecahan masalah, analisis sementara, dan tujuan dari penelitian tersebut.

Tujuan proposal penelitian

Tujuan dibuatnya proposal penelitian adalah mendapatkan persetujuan dari pihak lain agar kita dapat melakukan penelitian.

Baca juga: Proposal Usaha: Jenis, Faktor, Cara Membuat dan Contohnya

Proposal penelitian memberikan pihak lain pengertian tentang pentingnya penelitian tersebut dan kebutuhan apasaja yang harus dipenuhi dalam menjalani penelitian.

Sehingga proposal penelitian bertujuan untuk dapat memenuhi segala macam kebutuhan yang menunjang penelitian. Kebutuhan tersebut dapat berupa perizinan, tempat, alat, bahan, literatur, hingga sokongan dana.

Jenis proposal penelitian

Ada empat jenis proposal penelitian berdasarkan isinya, yaitu proposal penelitian kajian pustaka, proposal penelitian pengembangan, proposal penelitian kualitatif, dan proposal penelitian kuantitatif.

  • Proposal penelitian kajian

Proposal penelitian kajian pustaka adalah penelitian yang merupakan penelitian yang mengkaji atau menelaah pustaka berupa buku artikel ilmiah, dan data relevan lainnya yang mendukung judul penelitian.

Proposal penelitian kajian pustaka berisikan langkah-langkah konseptual pemecahan suatu masalah penelitian tanpa adanya praktikum. Pengambilan data dan analisisnya dilakukan dari pengkajian sumber-sumber pustaka.

  • Proposal penelitian pengembangan

Proposal penelitian pengembangan adalah proposal penelitian yang berisikan pengembangan suatu ilmu pengetahuan.

Penelitian pengembangan mengembangkan ilmu yang sudah ada,menerapkannya, dan mengkaji masalah-masalah yang muncul dalam penerapannya.

Dalam penelitian pengembangan data didapatkan dari kajian pustaka dan sebagian besar dari praktikum atau pengambilan data secara langsung.

Baca juga: Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

  • Proposal penelitian kualitatif

Proposal penelitian kualitatif adalah proposal penelitian yang berfokus pada pemahaman humanistik (perilaku manusia) yang bersifat dinamis dan kontekstual.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, penelitian kulitatif digunakan untuk memahami keyakinan, pengalaman, sikap, perilaku, dan interaksi manusia dengan pendekatan individual dengan data non-numerik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com