Kompas.com - 17/05/2021, 13:00 WIB
[Tangkapan Layar] alat musik Kecapi, Sulawesi Barat Youtube/ Utak Atik Otak[Tangkapan Layar] alat musik Kecapi, Sulawesi Barat

KOMPAS.com - Sulawesi Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terbentuk pada tahun 2004 hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Barat diduduki oleh sebagian besar Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Bugis, dan suku-suku lainnya.

Ketiga suku besar tersebut hidup secara berdampingan menciptakan kebudayaan di Sulawesi Barat.

Salah satu contoh kebudayaan Sulawesi Barat yang lahirdan berkembang di Sulawesi Barat dalam bidang kesenian adalah alat musik tradisional.

Sulawesi Barat memiliki banyak alat musik daerah, di antaranya adalah:

  • Calong

Alat musik calong Suku Mandar Sulawesi Selatanpariwisataindonesia.id Alat musik calong Suku Mandar Sulawesi Selatan

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Calong merupakan alat musik daerah yang berasal dari Sulawesi Barat, tepatnya di daerah Polewali Mandar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Keunikan Alat Musik Fu, Maluku Utara

Calong merupakan alat musik pukul dan tergolong pada perkusi yang dibuat dari bilah-bilah panjang bambu yang disusun di atas buah kelapa.

Bambu yang digunakan untuk membuat Calong harus dikeringkan selama kurang lebih enam bulan dan buah kelapa yang digunakan juga umurnya harus pas dan juga harus kering sempurna namun tidak keriput.

Empat bilah bambu yang telah kering kemudian disusun di atas buah kelapa dengan cara diikat oleh arraq-arraq (pelepah pisang kering).

Calong menghasilkan empat nada yang berbeda dengan suara yang sangat nyaring, sehingga bisa terdengar hingga jauh bahkan hingga 5 km. Calong biasanya digunakan oleh anak-anak sebagai hiburan juga oleh para petani Suku Mandar ketika menunggu hasil panen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X