Kompas.com - 29/04/2021, 13:43 WIB
Tari Topeng Kuncaran dari Jawa Barat Yotube/ Deddy SurachmanTari Topeng Kuncaran dari Jawa Barat

KOMPAS.comTari Topeng Kuncaran merupakan seni tari tradisional dari Sunda, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, tarian ini dibawakan oleh para penari yang mengenakan topeng pada bagian wajahnya.

Sebagai salah satu tari tradisional, Tari Topeng Kuncaran sangat kental dengan kebudayaan Jawa Barat. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan alat musik dan busana yang dikenakan oleh para penarinya.

Mengutip dari buku Masyarakat Kesenian di Indonesia (2008) karya Muhammad Takari dan kawan-kawan, Tari Topeng Kuncaran termasuk dalam salah satu tari Sunda, selain Tari Jaipongan dan Tari Kupu-Kupu. Tarian ini menjadi salah satu daya tarik kesenian di daerah Jawa Barat.

Asal Usul dan makna Tari Topeng Kuncaran

Menurut Trimo dalam buku Pantun Pelangi Budaya Nusantara (2019), Tari Topeng Kuncaran menceritakan tentang dendam mendalam seorang raja kepada putri.

Baca juga: Tari Tanggai, Tarian Menyambut Tamu di Sumatera Selatan

Dikisahkan raja tersebut sebelumnya menyatakan cintanya kepada seorang putri. Namun, ditolak sehingga sang raja menaruh dendam kepada sang putri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asal usul Tari Topeng Kuncaran sebenarnya merupakan bentuk pengembangan kesenian tari topeng dari Jakarta. Kemudian tari topeng ini dikembangkan sesuai dengan adat dan nilai tradisional di Sunda Jawa Barat.

Tari Topeng Kuncaran hingga saat ini masih sering ditampilkan dalam berbagai acara kebudayaan, seperti pentas, pagelaran ataupun acara resmi lainnya.

Properti dan busana dalam Tari Topeng Kuncaran

Properti utama yang dibutuhkan dalam Tari Topeng Kuncaran adalah topeng dengan berbagai karakter dan ekspresi.

Baca juga: Asal Usul Tari Batu Nganga, Nusa Tenggara Barat

Biasanya topeng yang digunakan terbuat dari bahan kayu dan telah dipoles dengan berbagai warna. Selain topeng, ada beberapa properti lainnya yang dibutuhkan, yakni:

  1. Keris
    Menjadi salah satu properti wajib dalam seni Tari Topeng Kuncaran. Penggunaan keris  ini disesuaikan dengan karakter dan peran penarinya.
  2. Aksesoris berupa mahkota
    Sama seperti keris, penggunaan mahkota ini disesuaikan dengan karakter serta peran penarinya.
  3. Aksesoris berupa gelang tangan dan kaki serta anting
    Properti wajib lainnya dalam Tari Topeng Kuncaran ialah gelang tangan serta kaki dan anting.
  4. Alat musik
    Properti utama dan wajib yang harus ada dalam Tari Topeng Kuncaran ialah alat musik tradisional. Biasanya tarian ini diiringi dengan alat musik gamelan, seperti gong, bonang, saron, dan lain-lain.

Untuk busananya, para penari akan menggunakan baju atasan dan celana selutut dengan motif dan warna yang cerah. Penari juga mengenakan selendang yang dikalungkan di leher dan ikat pinggang yang disesuaikan dengan warna busananya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X