Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Bela Negara

Kompas.com - 27/04/2021, 13:25 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPendidikan kewarganegaraan wajib diajarkan sejak dini, untuk meningkatkan rasa cinta tanah air. Pengajaran ini masuk dalam kurikulum wajib yang harus diajarkan di tiap jenjang pendidikan.

Dalam kehidupan negara, pendidikan kewarganegaraan tidak hanya berperan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air saja, melainkan juga diperlukan dalam bela negara.

Dilansir dari situs Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia, bela negara merupakan konsep patriotisme yang disusun lewat perangkat perundang-undangan dan petinggi negara, sebagai upaya mempertahankan eksistensi suatu negara.

Bela negara menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Bela negara tidak selalu diartikan sebagai tindakan fisik untuk menghadapi agresi, tetapi juga bisa dilakukan dengan berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

Baca juga: Bentuk dan Contoh Bela Negara

Upaya bela negara 

Agar semua hal itu bisa tercapai, peran pendidikan kewarganegaraan menjadi sangat penting. Apa sajakah perannya?

Dalam Pasal 9 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, penyelenggaraan pendidikan kewarganegaraan menjadi salah satu upaya bela negara, selain pendidikan militer, pengabdian sebagai prajurit TNI dan pengabdian sesuai profesi.

Tina Septiana dalam jurnal Pembelajaran Bela Negara dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membina Semangat Nasionalisme Mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi (2020), menuliskan jika pendidikan kewarganegaraan merupakan upaya bela negara secara non fisik.

Dalam hal ini, pendidikan kewarganegaraan berperan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap tanah air. Pengajaran ini dimulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi dan masuk dalam kurikulum pendidikan.

Mengutip dari jurnal Pendidikan Pendahuluan Bela Negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan (2020) karya Asep Dahliyana, dkk, pengajaran pendidikan kewarganegaraan juga berperan untuk menciptakan warga negara yang memiliki jiwa rela berkorban dan setia kepada ideologi negara.

Baca juga: Bela Negara: Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

Pendidikan kewarganegaraan juga berperan untuk menangkal berbagai bentuk ancaman dan tantangan yang sangat berbahaya bagi suatu negara. Misalnya perubahan ideologi yang bisa mengancam keutuhan dan persatuan negara.

Bila dirangkum, berikut peran pendidikan kewarganegaraan dalam bela negara:

  1. Merupakan upaya atau bentuk bela negara non fisik.
  2. Meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap tanah air. Dalam kehidupan sehari-hari, hal ini bisa diterapkan dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri atau lainnya.
  3. Menciptakan warga negara agar memiliki jiwa rela berkorban dan setia kepada ideologi negaranya.
  4. Menangkal berbagai ancaman dan tantangan yang sangat berbahaya bagi suatu negara. Contohnya ancaman perubahan ideologi dan lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com