Kompas.com - 26/04/2021, 16:48 WIB
Ilustrasi ganggang hijau sumber.belajar.kemdikbud.go.idIlustrasi ganggang hijau

KOMPAS.com - Ganggang dan jamur adalah organisme eukariotik yang tergolong Thallophyta atau tumbuhan yang tidak terdiferensiasi sehingga tidak terlihat mana akar, mana batang, dan mana daun.

Ganggang digolongkan pada kingdom Protista, sedangkan jamur memiliki kerajaannya sendiri yaitu kingdom Fungi.

Apakah yang membedakan keduanya secara biologi? untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

  • Habitat Hidup

Ganggang atau alga pada umumnya adalah tumbuhan akuatik atau berhabitat di dalam air baik laut, danau, rawa, maupun kolam. Sedangkan jamur adalah tumbuhan yang hidup di habitat terrestrial atau dipermukaan tanah, pohon, dan juga organisme yang telah mati.

  • Jenis Sel

Semua spesies jamur adalah organisme eukariotik. Sedangkan tidak semua ganggang merupakan organisme eukariotik, contohnya adalah ganggang biru yang merupakan prokariotik.

Dilansir dari Britannica Encyclopedia (2015), ganggang biru merupakan organisme prokariotik yang sering disebut sebagai cyanobacteria.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ganggang biru sebut prokariotik karena tidak memiliki organen bermembran seperti membran inti, mitokondria, badan golgi, dan reikulum endoplasma.

Baca juga: Protista yang Menyerupai Jamur

  • Dinding Sel

Dinding sel ganggang terbentuk dari senyawa organik selulosa seperti yang terdapat pada tumbuhan hijau. Sedangkan dinding sel jamur terbuat dari kitin yaitu polisakarida yang juga ditemukan pada kelompok hewan artropoda.

  • Tubuh

Ganggang dan jamur memiliki struktur tubuh yang sama-sama berserabut. Dilansir dari University California Museum of Paleontology, jamur terdiri dari filament atau pasedo parenkim yang disebut hifa berbentuk sel-sel panjang seperti benang ang terhubung dari ujung ke ujung.

Sementara ganggang terbentuk sel berserabut yang dinamakan parenkyat. Tubuh ganggang biasa terdiri dari sel yang tidak berinti, sedangjan jamur terdiri dari banyak inti.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X