Kompas.com - 07/03/2021, 09:19 WIB
Ilustrasi kucing di taman. PIXABAY/KADISHAIlustrasi kucing di taman.

KOMPAS.com - Bagi laki-laki, kumis berfungsi menunjang penampilan dan membuatnya terlihat gagah. Namun bagaimana dengan kumis pada kucing? Apakah kumis kucing juga menunjang penampilan pada kucing? Tentu saja jawabannya adalah tidak.

Kumis pada kucing memiliki fungsi yang lebih kompleks bukan hanya sekedar fitur wajah menarik yang membuat mereka terlihat lucu.

Dilansir dari Veterinarians & Emergency Vets, kumis kucing atau vibrissae muncul dari folikel rambut yang memiliki banyak pembuluh darah dan saraf. Hal ini membuat kumis kucing sangatlah sensitif.

Berikut adalah fungsi-fungsi dari kumis kucing:

  • Organ Sensorik

Kesensitifan kumis kucing membuatnya berfungsi sebagai organ sensorik utama. Kucing memiliki mata besar namun ternyata mereka rabun dekat.

Kucing dapat melihat dengan jelas objek dalam jarak yang sangat jauh namun kesulitan melihat objek yang dekat dengan matanya.

Di sinilah kumis kucing berguna sebagai alat sensorik pengelihatan pengganti mata dengan cara menyapukannya pada benda sekitar atau hanya menerima getaran dari aliran udara.

Dilansir dari BBC Wildlife Magazine, getaran pada kumis kucing menginformasikan lokasi, ukuran, tekstur, detail objek, dan kecepatan objek.

Dengan kemampuan memtakan objek sekitar melalui kumis kucing, kucing dapat melihat dengan jelas. Inilah mengapa walaupun ditempat gelap dan pada malam hari kucing bisa berlarian kesana kemari tanpa tersandung ataupun menabrak tembok. Hal ini juga membantu kucing dalam berburu mangsanya.

Baca juga: Teori-teori Pembentukan Tata Surya

  • Penyeimbang Tubuh

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa kucing bisa masuk ke dalam ruang sempit, meloncat ke tempat tinggi tanpa terpeleset, bahkan jatuh dari ketinggian tanpa cedera?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X