Kompas.com - 06/03/2021, 09:38 WIB
Ilustrasi lalat capung Erik Karits from PixabayIlustrasi lalat capung

KOMPAS.com - Ada hewan yang memiliki umur panjang hingga puluhan tahun melebihi manusia. Namun, ada pula hewan yang memiliki umur pendek atau hanya kisaran hitungan jam saja.

Selama jangka waktu usia tersebut, ada hewan yang menghabiskan waktunya untuk hidup bebas atau dipelihara. Namun, ada pula yang menghabiskannya hanya untuk bereproduksi.

Tahukah kamu hewan apa saja yang memiliki usia pendek? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs The Mysterious World:

Baca juga: Daur Hidup Berbagai Jenis Hewan

Mayfly

Mayfly atau lalat capung menjadi hewan dengan usia terpendek di bumi. Hewan ini hanya hidup selama 24 jam, sehingga sering dijuluki sebagai serangga satu hari.

Tujuan utama kehidupan mayfly ialah untuk melakukan proses reproduksi. Sebagian besar hidupnya, dihabiskan sebagai nimfa.

Gastrotrich

Lepidodermella squamata, salah satu spesies gastrotrichFlickr/Giuseppe Vago Lepidodermella squamata, salah satu spesies gastrotrich
Gastrotrich merupakan salah satu mikroorganisme laut. Hewan ini hanya memiliki usia tiga hari dengan ukuran tubuh maksimal 3 milimeter.

Struktur tubuh gastrotrich terlihat transparan dan berenang dengan mengikuti arus laut. Hewan ini memiliki organ kelamin pria dan wanita yang digunakan untuk bereproduksi.

Drone Ant

Ilustrasi semut.Shutterstock Ilustrasi semut.
Drone ant merupakan semut jantan. Hewan ini hanya memiliki usia hidup tiga minggu saja. Perilakunya cenderung malas dan tidak sering bekerja.

Walau begitu, drone ants memainkan peran penting dalam keberadaan koloni semut. Karena  drone ants akan mati setelah kawin dengan semut betina.

Baca juga: Kenapa Kuda Harus Pakai Sepatu?

Housefly

Ilustrasi lalat rumah atau houseflyWikimedia Commons Ilustrasi lalat rumah atau housefly
Housefly sering juga disebut sebagai lalat rumahan, karena jenis lalat ini mudah ditemui di area rumah. Umur housefly hanyalah sekitar empat minggu saja.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X