Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hewan dengan Usia Terpendek

Selama jangka waktu usia tersebut, ada hewan yang menghabiskan waktunya untuk hidup bebas atau dipelihara. Namun, ada pula yang menghabiskannya hanya untuk bereproduksi.

Tahukah kamu hewan apa saja yang memiliki usia pendek? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs The Mysterious World:

Mayfly

Mayfly atau lalat capung menjadi hewan dengan usia terpendek di bumi. Hewan ini hanya hidup selama 24 jam, sehingga sering dijuluki sebagai serangga satu hari.

Tujuan utama kehidupan mayfly ialah untuk melakukan proses reproduksi. Sebagian besar hidupnya, dihabiskan sebagai nimfa.

Struktur tubuh gastrotrich terlihat transparan dan berenang dengan mengikuti arus laut. Hewan ini memiliki organ kelamin pria dan wanita yang digunakan untuk bereproduksi.

Walau begitu, drone ants memainkan peran penting dalam keberadaan koloni semut. Karena  drone ants akan mati setelah kawin dengan semut betina.

Walau begitu, ternyata housefly akan memiliki masa hidup yang lebih panjang jika tinggal di dalam rumah atau tidak hidup di lingkungan luar. Dalam siklus kehidupannya, tiap lalat betina bisa menghasilkan telur hingga 1.000 buah.

Selain itu, angin kencang dan kondisi iklim juga bisa menghambat perubahan larva menjadi capung. Kemampuan terbang capung yang tergolong lambat juga menyebabkan mereka lebih mudah ditangkap oleh reptil ataupun hewan lainnya.

Panther chameleons memiliki masa reproduksi yang cepat karena usia mereka yang pendek. Uniknya, bunglon dewasa akan mati sebelum generasi berikutnya keluar dari telur induknya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/06/093835069/7-hewan-dengan-usia-terpendek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke