Kompas.com - 01/03/2021, 23:29 WIB
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mood Anda selagi di perjalanan. SAVVYSUGARAda beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mood Anda selagi di perjalanan.

KOMPAS.com - Informasi tersurat dan tersirat sering ditemukan dalam teks bacaan ataupun bentuk lainnya. Kedua jenis informasi ini terlihat sama, namun sebenarnya memiliki perbedaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tersurat dapat diartikan sebagai telah tertulis, telah ditakdirkan atau eksplisit. Sedangkan tersirat berarti tersembunyi atau terkandung (di dalamnya).

Informasi tersurat biasanya sudah tertulis secara langsung dalam informasi atau teks.

Sedangkan informasi tersirat tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mencari tahunya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Simpulan yang ada dalam informasi tersirat biasanya berupa pemikiran, opini serta keberpihakan penulis saat menyusun teks tersebut. Simpulan bisa dicari berdasarkan letak gagasan pokok dalam teks.

Untuk informasi tersurat biasanya dapat dikaitkan dengan unsur 5 W + 1 H, yakni what, when, where, who, why dan how, yang merupakan unsur pembentuk teks.

Baca juga: Ciri-ciri Teks Berita

Perbedaan informasi tersurat dan tersirat

Informasi tersurat bisa disebut sebagai informasi eksplisit. Sedangkan informasi tersirat bisa disebut sebagai informasi implisit.

Perbedaan utama antara informasi tersurat dan tersirat terletak pada bagaimana cara menemukan makna atau pesan dalam sebuah teks.

Dalam informasi tersurat, makna atau pesan bisa ditemukan secara langsung dalam teks. Sedangkan dalam informasi tersirat, makna atau pesannya hanya bisa ditemukan setelah membaca keseluruhan isi teks.

Selain perbedaan tersebut, informasi tersurat dan tersirat juga memiliki perbedaan lainnya. Tahukah kamu apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Difference Between:

Pembeda Informasi tersurat (eksplisit) Informasi tersirat (implisit)
Pengertian Makna atau pesan bisa ditemukan secara langsung dalam teks Makna atau pesan hanya bisa didapat setelah membaca seluruh isi teks
Penggunaan  dalam bidang akademik Biasanya informasi tersurat digunakan dalam bidang akademik atau bidang lainnya (pembuatan peraturan) Biasanya informasi tersirat digunakan dalam literatur 
Ambiguitas (bisa bermakna ganda) Informasi tersurat tidak bisa menimbulkan ambiguitas karena disampaikan secara langsung Informasi tersirat bisa menimbulkan ambiguitas
Pemaknaan Informasi tersurat mengandung pemaknaan primer karena langsung menggunakan kata yang berkaitan langsung dalam teks Informasi tersirat mengandung pemaknaan sekunder karena perlu mencari tahu makna sebenarnya
Penggunaan dalam karya  sastra Penggunaan informasi tersurat dalam karya sastra jarang sekali digunakan Penggunaan informasi tersirat sering digunakan dalam karya sastra

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X