Ciri-ciri Teks Berita

Kompas.com - 05/08/2020, 13:34 WIB
Pemberitaan harian Kompas edisi 11 Februari 2014, tentang laga Timnas U-19 dan tim Pra-PON Jawa Tengah yang berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 untuk Timnas U-19. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Manahan pada 10 Februari 2014. DOK KOMPASPemberitaan harian Kompas edisi 11 Februari 2014, tentang laga Timnas U-19 dan tim Pra-PON Jawa Tengah yang berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 untuk Timnas U-19. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Manahan pada 10 Februari 2014.

KOMPAS.com - Teks berita adalah teks yang berisi peristiwa. Teks berita biasa kita temukan di media massa seperti koran, televisi, dan internet.

Ada beberapa ciri-ciri yang membedakan teks berita dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri teks berita yakni:

Fakta dan opini

Teks berita hanya mengandung fakta dan opini. Fakta adalah hal, keadaan, atau peristiwa yang benar-benar ada dan terjadi.

Sedangkan opini adalah pendapat yang bersifat subyektif. Opini biasanya ditandai dengan penggunaan kata menurut, menilai, berpendapat, meyakini.

Opini yang dimaksud bukan dari penulisnya, melainkan dari orang yang berkepentingan.

Baca juga: Urutan Struktur Teks Berita

Dalam berita mengenai kejadian atau fenomena sosial dan ekonomi misalnya, opini berasal dari pemerintah dan pakar.

Sedangkan dalam kejadian seperti bencana, kecelakaan, dan sejenisnya, opini datang dari pihak yang berwenang, otoritas, maupun orang-orang yang terdampak dan terlibat.

Opini atau perkataan orang yang diwawancarai dimuat dalam bentuk kutipan atau kalimat langsung. Bisa juga diuraikan kembali dalam kalimat tidak langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X