Kompas.com - 17/02/2021, 17:39 WIB
Ilustrasi persen THINKSTOCKS/SAPUNKELEIlustrasi persen

KOMPAS.com - Kamu pasti sudah sangat sering mendengar tentang persen atau persentase. Dilansir dari Math is Fun, persen atau persentase adalah rasio suatu nilai dari seratus.

Persen digunakan untuk mewakili suatu data agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Persen dapat digunakan dalam berbagai macam data seperti persentase pekerjaan penduduk, persentase jenis kelamin penduduk, persentase suku bunga, persentase penggunaan uang, hingga persentase dalam ilmu matematika, kimia, maupun fisika.

Cara Menghitung Persen

Persentase dapat dihitung dengan cara pembagian nilai dengan nilai keseluruhan dan dikalikan dengan 100%. Yang berarti rasio perbandingan nilai dalam keseluruhan nilai tersebut sebagai berikut:

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus persentase

Agar kita bisa memahami cara menghitung persen dari rumus tersebut, yuk kita simak pembahasan soal di bawah ini!

1. Pada ulangan matematika kemarin, Budi bisa mengerjakkannya dengan baik. Dari total 40 soal, Budi mengerjakkan 35 soal dengan jawaban yang betul dan 5 soal dengan jawaban yang salah. Berapakah persentase soal yang dijawab dengan benar oleh Budi?

Jawaban:

Jawaban benar = 35 soal
Total soal        = 40 soal

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Persentase jawaban Budi

Maka didapatkan bahwa persentase jawaban benar Budi dalam ulangan matematika adalah 87,5% dan persentase jawaban salahnya adalah 12,5%.

Baca juga: Menghitung Persen, Jawaban Soal TVRI 11 September 2020


2. Dalam suatu toko buku terdapat 300 buah buku yang terdiri dari buku pelajaran, novel, dan juga komik. Jika jumlah buku pelajaran adalah 120 buah dan buku novel adalah 90 buah, tentukan persentase ketiga buku tersebut!

Jawaban:

Pertama-tama kita harus menentukkan jumlah buku komik dalam toko tersebut.
Jumlah komik = total buku – (jumlah buku pelajaran + jumlah novel)
                      = 300 – (120 + 90)
                      = 300 – 210
                      = 90 buku

Setelah didapat jumlah ketiganya, maka dapat dicari persentasenya dengan rumus persentase.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Persentase jenis buku dalam toko buku

Maka didapatkan dalam toko tersebut terdapat 300 buah buku yang terdiri dari 40% buku pelajaran, 30% buku novel, dan 30% buku komik.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X