Kompas.com - 16/02/2021, 15:00 WIB
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Aceh saat peringatan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo mengenakan baju adat Aceh saat peringatan HUT RI ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Ulee Balang merupakan pakaian adat yang berasal dari provinsi Aceh.

Pakaian adat Ulee Balang awalnya hanya dipakai oleh keluarga raja, sekarang pakaian adat tersebut menjadi pakaian adat Aceh dan dipakai untuk upacara adat.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), nama pakaian adat Aceh dikenal dengan Ulee Balang. Di mana baju adat Nanggroe Aceh Darussalam untuk laki laki sering dikenal dengan sebutan baju Linto Baro.

Sementara pakaian Aceh yang dikenakan oleh perempuan disebut baju Daro Baro.

Konon, pakaian adat tersebut sudah ada sejak masa Kerajaan Samudera Pasai.

  • Linto Baro

Linto Baro merupakan pakaian tradisional Aceh yang biasa dikenakan oleh laki-laki. Di mana dipakai untuk penganti laki-laki, tidak hanya itu, tapi juga untuk upacara-upacara adat atau pemerintahan.

Baca juga: Tari Lengger Lanang, Tarian Tradisional Banyumas

Pada saat memakai Linto Baro mengenakan baje meukasah (baju jas leher tertutup), cekak musang (jas yang dilengkapi celana panjang), kain sarung (ija lamgugap).

Kemudian sebilah rencong atau siwah, meukeu top (bagian kepala ditutupi kopiah yang populer), tengkulok atau tompok.

  • Daro Baro

Daro Baro merupakan pakaian adat tradisional yang perempuan di Aceh.

Pada pakaian Daro Baro terdiri dari baju kurung berlengan panjang, celana cekak musang dan sarung (ija pinggang), dan perhiasan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X