Teks Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur, dan Kebahasaan

Kompas.com - 28/01/2021, 13:50 WIB
Ilustrasi teks ShutterstockIlustrasi teks

KOMPAS.com - Teks artikel atau artikel merupakan salah satu karya tulis yang dipublikasikan. Biasanya artikel dapat dengan mudah ditemui di media cetak, seperti koran atau majalah, dan lain sebagainya.

Artikel bisa ditulis oleh semua orang. Namun, sebelum menulis teks artikel, harus dipahami terlebih dahulu tentang pengertian, jenis, struktur, ciri-ciri serta kaidah kebahasaannya. 

Pengertian teks artikel 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan sebuah karya tulis lengkap, contohnya berita atau teks esai dalam majalah.

Menurut Tomi Rianto dalam Buku Cepat Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA (2019), teks artikel merupakan sebuah karya tulis lepas, berisikan opini atau pendapat penulis tentang isu permasalahan, bertujuan untuk memberi informasi, mempengaruhi, meyakinkan atau untuk menghibur pembaca.

Baca juga: Teks Laporan Kegiatan: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Struktur

Walau teks artikel berisikan pendapat atau opini dari penulis, namun konteks opininya tetap berangkat dari konteks fakta yang sesungguhnya.

Ciri-ciri teks artikel 

Teks artikel memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan teks lainnya. Apa sajakah itu?

  1. Isi dari artikel dibuat berdasarkan fakta.
  2. Artikel memiliki sifat faktual serta informatif.
  3. Dalam artikel tidak hanya berisi opini saja, namun juga turut didukung dengan berbagai data pendukung dan analisa dari penulis.
  4. Artikel ditulis dengan menggunakan metode yang sistematis.
  5. Teks artikel bisa ditulis dengan bahasa resmi atau tidak resmi.

Aartikel juga memiliki ciri teks yang singkat, padat dan jelas. Isinya cenderung tidak bertele-tele dan menggunakan metode yang sistematis agar pembaca dapat segera menangkap makna artikel tersebut.

Halaman:

Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X