Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teks Artikel: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur, dan Kebahasaan

Artikel bisa ditulis oleh semua orang. Namun, sebelum menulis teks artikel, harus dipahami terlebih dahulu tentang pengertian, jenis, struktur, ciri-ciri serta kaidah kebahasaannya. 

Pengertian teks artikel 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan sebuah karya tulis lengkap, contohnya berita atau teks esai dalam majalah.

Menurut Tomi Rianto dalam Buku Cepat Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA (2019), teks artikel merupakan sebuah karya tulis lepas, berisikan opini atau pendapat penulis tentang isu permasalahan, bertujuan untuk memberi informasi, mempengaruhi, meyakinkan atau untuk menghibur pembaca.

Walau teks artikel berisikan pendapat atau opini dari penulis, namun konteks opininya tetap berangkat dari konteks fakta yang sesungguhnya.

Ciri-ciri teks artikel 

Teks artikel memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan teks lainnya. Apa sajakah itu?

  1. Isi dari artikel dibuat berdasarkan fakta.
  2. Artikel memiliki sifat faktual serta informatif.
  3. Dalam artikel tidak hanya berisi opini saja, namun juga turut didukung dengan berbagai data pendukung dan analisa dari penulis.
  4. Artikel ditulis dengan menggunakan metode yang sistematis.
  5. Teks artikel bisa ditulis dengan bahasa resmi atau tidak resmi.

Aartikel juga memiliki ciri teks yang singkat, padat dan jelas. Isinya cenderung tidak bertele-tele dan menggunakan metode yang sistematis agar pembaca dapat segera menangkap makna artikel tersebut.


Jenis teks artikel 

Teks artikel dibagi menjadi lima jenis. Apa sajakah itu?

Narasi

Nama lain dari narasi adalah teks cerita. Dalam teks artikel jenis narasi, segala rangkaian peristiwa atau kejadian diceritakan secara runtut, mulai dari awal hingga akhir.

Dalam teks narasi ada tokoh dan penokohan, konflik, serta cara penyelesaiannya. Narasi dapat berbentuk fakta atau fiksi. Contoh teks narasi adalah biografi.

Deskripsi 

Deskripsi merupakan karya tulis dalam bentuk karangan. Secara garis besar, teks deskripsi menggambarkan suatu hal atau peristiwa, sehingga pembaca seakan-akan bisa turut melihat, merasakan serta mendengarnya.

Eksposisi

Teks artikel jenis eksposisi berisikan penjelasan mengenai suatu topik. Tujuannya untuk memberi pengetahuan atau informasi tambahan kepada pembaca. Biasanya dalam teks eksposisi turut disertai gambar atau grafik, agar pembaca semakin mudah memahaminya.

Argumentasi

Argumentasi merupakan sebuah teks karangan yang biasanya berisikan opini, data, serta fakta pendukung opini. Argumentasi bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat atau lainnya.

Persuasi

Sesuai dengan namanya, teks persuasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar bersedia melakukan hal yang disebutkan dalam sebuah teks.

Biasanya persuasi digunakan pada saat kampanye. Contohnya adalah teks persuasi untuk kampanye anti-narkoba.


Struktur teks artikel 

Teks artikel memiliki struktur sebagai berikut:

Tesis

Tesis merupakan gagasan utama dari sebuah permasalahan yang didasarkan pada fakta.

Argumentasi

Argumentasi merupakan pendapat yang dikemukakan oleh penulis dalam bentuk penjelasan mendalam yang disertai temuan fakta.

Penegasan ulang

Penegasan ulang merupakan bentuk penjelasan ulang pendapat untuk memperkuat argumentasi yang juga harus disertai fakta.

Kaidah kebahasaan dalam teks artikel 

Teks artikel memiliki kaidah kebahasaan tersendiri yang berbeda dengan teks lainnya. Apa sajakah itu?

Argumentatif

Artikel harus disusun dengan bahasa yang bersifat argumentatif. Tujuannya agar pembaca bisa menerima dan memahami pendapat penulis, yang didasari dengan berbagai fakta.

Faktual

Artikel harus disusun dengan bahasa yang bersifat faktual. Artinya teks artikel harus disusun dengan menggunakan fakta sebagai pendukung opini.

Pronomina

Dalam penulisan artikel dapat menggunakan pronomina (kata ganti untuk orang dan bukan orang). Pronomina dibagi menjadi dua, yakni pronomina persona sebagai kata ganti orang dan pronomina nonpersona sebagai kata ganti bukan orang.

Gaya bahasa resmi dan tidak resmi

Dalam penulisan artikel dapat menggunakan gaya bahasa yang resmi dan tidak resmi. Hal ini bebas dan bergantung pada penulis.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/28/135028669/teks-artikel-pengertian-ciri-ciri-jenis-struktur-dan-kebahasaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke