Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Kompas.com - 20/12/2020, 15:44 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teks deskripsi merupakan teks yang berisi penggambaran secara detail mengenai tempat, objek, atau peristiwa tertentu.

H. Dalman dalam Keterampilan Menulis (2018) berpendapat, karangan deskripsi merupakan karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek atau peristiwa tertentu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Pembaca teks deskripsi seolah-olah turut merasakan atau mengalami langsung apa yang dideskripsikan penulisnya. Berikut contoh teks deskripsi tentang alam:

Contoh 1

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan wisata alam favorit di Jawa Timur. Letaknya di antara empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Malang. Ketinggian gunung Bromo sekitar 2.329 meter. Terdapat kawah di tengah gunung ini. Untuk mendaki gunung dan melihat kawah, pengungjung harus melalui padang pasir. Bila siang hari, cuaca akan terik namun udaranya tetap dingin. Pasir sering berterbangan, ketika ada angin kencang. Namun bila pada subuh atau pagi hari udaranya sangat dingin.

Baca juga: Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Contoh 2

Perkebunan di daerah Lembang sangat asri. Ada kebun stroberi, brokoli, asparagus, teh, tomat, dan sayuran lainnya. Udaranya sejuk. Akses menuju ke sana jalannya berliku dan menanjak. Namun di sepanjang jalan, kita dapat melihat pohon-pohon dan perbukitan. Bila beruntung, kita bisa melihat monyet bergelantungan di pohon.

Contoh 3

Pantai Pelengkung terletak di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Tepatnya di daerah Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi liga selancar kelas dunia. Ombak di pantai ini tinggi dan cepat. Pasirnya berwarna putih. Laut terlihat berwarna biru muda bila hari cerah. Jalan menuju pantai merupakan jalan setapak di tengah hutan. Sesekali muncul hewan liar. Lingkungan di daerah sini masih alami karena merupakan kawasan taman nasional.

Contoh 4

Sungai di dekat rumah tidak seindah dulu. Saat awal tahun 2000, masih ada sampan atau rakit yang dipakai menyebrang sungai. Airnya jernih. Orang-orang sering berwisata di pinggir sungai. Mulai dari memancing, bermain air, atau sekedar duduk-duduk menikmati sore hari. Kini kondisi sungai sudah berubah. Airnya berwarna coklat, banyak sampah, dan tidak ada lagi sampan atau rakit.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Deskripsi dan Cara Menulisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com