Kompas.com - 27/01/2021, 20:27 WIB

KOMPAS.com - Organisasi antar-parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Paliamentary Organization (AIPO), kini bernama ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Dilansir dari situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, terbentuknya AIPO berawal dari keinginan para anggota parlemen negara-negara anggota ASEAN untuk meningkatkan kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dalam berbagai bidang.

AIPO resmi dibentuk sebagai organisasi resmi antar-parlemen negara-negara anggota ASEAN melalui penandatanganan Statutes of AIPO oleh para Ketua Delegasi pada 2 September 1977.

Peran Indonesia dalam kerja sama antar-parlemen di negara-negara anggota ASEAN adalah:

  1. Indonesia yang mengusulkan terbentuknya organisasi antar-parlemen di ASEAN. Sehingga adanya AIPO adalah inisiatif dari Indonesia.
  2. Menjadi salah satu negara yang berpartisipasi dalam menyusun AIPO.

Baca juga: Struktur Organisasi ASEAN

Kemudian pada 2006, AIPO berubah menjadi AIPA sebagai sebuah institusi yang lebih efektif dan terintegrasi. Saat ini AIPA beranggotakan 10 Parlemen dari anggota ASEAN, yaitu:

  1. Kamboja
  2. Indonesia
  3. Laos
  4. Malaysia
  5. Filipina
  6. Singapura
  7. Thailand
  8. Vietnam
  9. Brunei Darussalam
  10. Myanmar

Tujuan AIPA

Menurut situs Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), berikut tujuannya:

  1. Memfasilitasi pencapaian tujuan ASEAN untuk mencapai realisasi sebuah ASEAN Community yangberdasarkan tiga pilar, yaitu ASEAN Security Community (ASC), ASEAN Economic Community (AEC), dan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).
  2. Memajukan solidaritas, saling pengertian, dan kerja sama antarnegara anggota, negara peninjau khusus, negara dan organisasi parlemen lainnya.
  3. Melakukan penukaran dan penyebaran informasi serta koordinasi, interaksi, dan konsultasi dengan ASEAN dalam rangka memberikan kontribusi parlemen terhadap integrasi ASEAN.
  4. Memperkenalkan kebijakan yang bertujuan mengakselerasi realisasi ASEAN Community kepada rayat Asia Tenggara
  5. Memajukan prinsip-prinsip hak asasi manusia, demokrasi, perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan di wilayah ASEAN.
  6. Meningkatkan kerja sama dan kesepahaman antara AIPA dengan organisasi parlemen lainnya baik regional maupun internasional.

Baca juga: Latar Belakang Kesamaan Sejarah dalam Pembentukan ASEAN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.