Sejarah Musik Jazz

Kompas.com - 24/01/2021, 18:28 WIB
The Bolden Band, salah satu grup asal New Orleans yang mempopulerkan musik jazz di awal tahun 1900-an The Bolden Band, salah satu grup asal New Orleans yang mempopulerkan musik jazz di awal tahun 1900-an

KOMPAS.com - Musik jazz merupakan jenis musik yang kerap diimprovisasi. Musik jazz dikembangkan oleh orang Afrika-Amerika serta dipengaruhi oleh struktur harmoni Eropa dan ritme Afrika.

Sekitar 1860, musik jazz memiliki istilah gaul Afrika-Amerika, yakni jasm yang berarti energi. Kemudian pada 14 November 1916, surat Kabar New Orleans Times, pertama kali menggunakan istilah jas bands.

Mengutip dari situs American History, dituliskan jika musik jazz merupakan jenis musik yang mengutamakan dan mementingkan unsur improvisasi.

Musik jazz juga bisa mengekspresikan berbagai perasaan dan emosi yang berbeda. Mulai dari kebahagiaan hingga isak tangis.

Tidak hanya itu, musik jazz juga menjadi sarana untuk menyampaikan kebebasan, bagi mereka yang tertindas atau mendapatkan perlakukan yang tidak adil.

Salah satu ciri khas dalam musik jazz adalah penggunaan terompet sebagai salah satu alat musik, sehingga menjadi gaya tersendiri untuk penyanyi jazz.

Dilansir dari situs University of Mississippi, musik jazz merupakan salah satu musik khas Amerika Serikat, yang berkembang pada awal abad ke-20.

Akar munculnya musik jazz adalah dari tradisi musik rakyat Afro-Amerika. Tradisi musik tersebut meliputi lagu spiritual, lagu karya serta lagu blues.

Baca juga: Sejarah Musik Pop

Dixieland

Musik jazz, ada beberapa gaya yang digunakan dalam bermusik. Dixieland merupakan gaya dalam musik jazz yang paling awal dan paling terkenal.

Dixieland berkembang pesat di New Orleans. Dalam gaya ini, para pemusik jazz akan menggunakan alat musik ansambel kecil, yakni klarinet, terompet serta trombon.

Tidak hanya itu, dalam memainkan sebuah lagu juga diiringi dengan drum, banjo, piano, tuba, serta string bass.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X